• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Vaksinasi Covid 19 untuk Tenaga Kesehatan Lansia Mulai Dilaksanakan

Selasa, 09 Februari 2021 | 16:55 WIB
Caption. Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Della Rianadita.

KlikBabel.com - Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Della Rianadita mengatakan vaksinasi tahap pertama pada kelompok usia lanjut diatas 59 tahun mulai dilakukan. Dia menegaskan, vaksin yang diberikan telah teruji dan aman diberikan kepada lansia, khususnya tenaga kesehatan. 

dr Della menuturkan, penargetan vaksinasi tenaga kesehatan kelompok lanjut usia dikarenakan lansia sangat rentan terkena Covid-19 dengan resiko kematian yang tinggi. 

"Lansia ditargetkan karena merupakan populasi yang rentan terkena Covid-19. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, 50 persen lansia yang terkena Covid-19 meninggal dunua," ucap Della, Selasa (9/2/2021). 

Lanjutnya, lansia yang ingin melakukan vaksinasi dapat langsung mendatangi puskesmas terdekat atau Dinas Kesehatan. Saat ini sudah tercatat satu orang tenaga kesehatan lansia yang sudah divaksinasi. Pemberian vaksin terhadap lansia akan dilakukan sama seperti tahapan sebelumnya dengan melakukan sistem empat meja. 

"Seperti tahapan sebelumnya, di meja kedua akan dilakukan pengecekan penyakit seperti diabetes melitus dan hipertensi. Jika nilai diabetes melitus (HBA1C) diatas 75 dan tensi dinilai tinggi maka proses vaksinasi akan ditunda sementara hingga kondisi normal," jelasnya.

Ketua Vaksinator Covid-19 Kota Pangkalpinang ini berharap vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan lansia ini dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian serta memiliki harapan hidup lebih panjang dan terhindar dari Covid-19.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com