• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penyuntikan Vaksin Covid-19 Perdana di Kabupaten Bangka Tengah, Forkopimda Jadi Garda Terdepan

Senin, 01 Februari 2021 | 20:25 WIB
Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto satin, SE., MM., bersama jajaran Forkopimda melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Bangka Tengah
Loading...

KlikBabel.com, Koba - Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto satin, SE., MM., bersama jajaran Forkopimda melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Bangka Tengah yang bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Tengah, Senin (01/02/2021).

Sebelum melaksanakan vaksinasi, jajaran Forkopimda terlebih dahulu melakukan photo booth yang sudah disediakan oleh panitia. Selanjutnya Bupati Bangka Tengah beserta Forkopimda harus melalui alur pelayanan vaksinasi covid-19.

Yuliyanto Satin pada kesempatan ini menjadi orang pertama yang disuntikan vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menekan kenaikan angka terinfeksi juga memutuskan mata rantai Covid-19 dengan upaya vaksinasi yang telah dilakukan di seluruh Indonesia.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, saya bersama Forkopimda tidak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Saya berharap vaksin ini dapat didistribusikan terutama di Kabupaten Bangka Tengah. Semoga pelaksanaan vaksin covid-19 ini berjalan sukses,” ucap Yuliyanto dalam sambutannya sebelum dilakukan vaksinasi.

Alur pelayanan vaksinasi terdiri dari 4 pos, di pos pertama, calon penerima vaksin Covid-19 menunjukan e-ticket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Setelah identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke pos kedua yakni skrining kembali yang sebelumnya telah dilakukan pada Jumat lalu. Skrining di pos kedua ini digunakan untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Jika calon penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat dilakukan. Di pos ketiga, calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman kemudian di pos terakhir digunakan petugas untuk mencatat hasil pelayanan vaksinasi.

Penerima vaksin di observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dan setelah itu penerima vaksin memperoleh kartu vaksinasi.

Penyuntikan vaksin Covid-19 pertama diberikan kepada Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin, SE., MM., selanjutnya Kepala Kementerian Agama Bangka Tengah, Drs. H. Muhammad Sidik, SH,MH., menyusul Ketua DPRD Bangka Tengah, Mehoa, SH.,MH., Kapolres Bangka Tengah, Slamet Ady Purnomo, S.IK.,SH.,MH., Sekda Kabupaten Bangka Tengah, Drs.sugianto, M.Si, Kepala Kejari Bangka Tengah, Baharuddin M, SH.,MH., Ketua Pengadilan Negeri Bangka Tengah, Yuliana, SH.,MH., Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr. H. Bahrun Siregar Sutrisno, M.Kes, Danramil 413-04 Koba, serta Mayor Inf Irsan. Penyuntikan dilakukan oleh petugas medis yaitu dr. Riko Aldino beserta perawatnya yaitu Adi Guna, Amd. Kep.

Setelah selesai dilakukan penyuntikan vaksinasi diberikan waktu selama 30 menit kepada jajaran forkopimda untuk melihat reaksi dari vaksinasi.

"Saya merasa setelah di vaksin alhmdulillah tidak ada perubahan apapun di diri saya, jadi vaksin ini bagus dan jangan ada lagi keraguan untuk melakukan vaksinasi. Sesuai dengan janji, kami selaku  Forkopimda akan berada di garda terdepan untuk melakukan vaksin," ucap Bupati Bangka Tengah memberikan testimoni setelah menunggu selama 30 menit.

"Saya percaya vaksin ini akan membawa kebaikan. Untuk masyarakat diharapkan bersabar dulu untuk menerima vaksin," ujar Me Hoa Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah memberikan testimoninya.

Di akhir acara penjelasan dilakukan oleh Direktur RSUD dihadapan para jajaran Forkopimda terkait vaksin Covid -19.

"Jenis vaksin Sinovac ini merupakan bagian dari virus itu sendiri yang merupakan virus inaktif sehingga bisa diproses oleh tubuh kita sendiri. Vaksinasi dilakukan secara 2 tahap, tahap pertama vaksin untuk pengenalan pertama tubuh kita terhadap vaksin.  Ditahap ke 2, yakni di hari ke 14 dari tahap ke 1 akan dilakukan  pada 15 Februari mendatang. Ditahap ke 2 nantinya, respon vaksinasi sudah maksimal untuk melindungi tubuh kita sendiri dan memperoleh daya tahan tubuh yang kuat. Diharapkan setelah divaksin, akan menekan angka kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah,"  papar dr.Yeni Marlina, Sp.PD., selalu Direktur RSUD Bangka Tengah.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : KlikBabel.com