• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Babel Siap Jadi Tuan Rumah Kongres Halal Dunia

Senin, 01 Februari 2021 | 19:58 WIB
Bang ER-sapaannya meluangkan waktu beraudiensi dengan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Kerja Gubernur Babel, Senin (1/2/21)

KlikBabel.com, Pangkal Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman merespon positif dan merestui usulan pelaksanaan Kongres Halal Dunia di Babel. Dirinya meminta MUI Babel segera berkoordinasi dengan MUI pusat terkait persiapan pelaksanaan, sekaligus mendata kekurangannya agar bisa segera diakomodir. 

Di sela-sela jadwal kerja yang padat, Bang ER-sapaannya meluangkan waktu beraudiensi dengan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Kerja Gubernur Babel, Senin (1/2/21). 

Selain perizinan Kongres Halal Dunia yang rencananya diselenggarakan di Babel bulan Maret 2022, Ketua MUI Bangka Belitung, Zayadi menyampaikan poin lainnya yang disepakati saat beraudiensi dengan Gubernur Erzaldi Rosman di antaranya terkait pendanaan sertifikasi halal yang diisukan adanya pemotongan. 

Lalu, pembangunan gedung MUI Babel yang telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Wapres, K.H Ma'ruf Amin, kemudian permohonan bantuan kendaraan operasional, dan yang terakhir, pihak MUI bersedia untuk pendampingan dan sosialisasi selama proses distribusi vaksin Covid-19 di Bangka Belitung. 

"Terkait pembangunan gedung MUI, kami harap Pak Ketua segera melaksanakannya sekalipun dengan keterbatasan tukang," ujarnya.

Sebagai peraih Halal Award kategori Pemerintah Provinsi Halal Terbaik oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika, saat ini Pemprov. Babel memang banyak memotong anggaran, termasuk untuk bantuan hibah yang dipotong hingga 70% karena pandemi Covid-19. Tetapi, gubernur akan mengusahakan dana terkait pembangunan gedung MUI secara bertahap. 

Menyikapi permasalahan kendaraan operasional MUI, Gubernur Erzaldi bersedia memfasilitasi melalui kendaraan Pempov Babel yang ada. 

"Karena kondisi saat ini, saya hanya bisa memfasilitasi dengan kendaraan yang tidak baru. Kalau MUI bersedia, Maret nanti kita akan serah terima," ujar pria yang sering disapa Bang ER. 

Sedangkan terkait serifikasi halal, Gubernur Erzaldi menegaskan tidak akan ada peniadaan. Lebih lanjut hal ini akan dibicarakan dengan pihak terkait. 

Terakhir, Gubernur Erzaldi mendorong MUI untuk sosialisasi vaksin covid-19 tahap II yang akan diserahkan pada akhir Februari. Hal ini menjadi acuan masyarakat agar nantinya tidak ragu untuk divaksin karena vaksin Covid-19 sudah terdaftar halal MUI dan juga aman digunakan. 

"InsyaAllah minggu depan vaksin tahap II diberikan kepada ASN, TNI, dan Polri. Mungkin pada saat itu, para ulama juga dapat diberikan vaksin," imbuh gubernur yang segera diaminkan MUI. 

 

 

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : KlikBabel.com