• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemerintah Kota Pangkalpinang mempunyai Laboratorium Biomolekuler

Rabu, 20 Januari 2021 | 22:13 WIB
Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota Pangkalpinang di Jalan Rasakunda, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil , Rabu (20/1/21)
Loading...

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Tes PCR di Kota Pangkalpinang, tak lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan sample covid-19. Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota Pangkalpinang di Jalan Rasakunda, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil , Rabu (20/1/21)

 

Tes PCR di Kota Pangkalpinang, tak lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan sample covid-19.

Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota Pangkalpinang di Jalan Rasakunda, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil , Rabu (20/1/21).

 

Pemerintah Kota Pangkalpinang mempunyai Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan yang akan memeriksa tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara langsung.

 

Tes PCR di Kota Pangkalpinang, tak lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan sample covid-19.

Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota Pangkalpinang di Jalan Rasakunda, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang,  langsung diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen), Rabu (20/1/21).

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim menjelaskankan, pembangunan Laboratorium Biomolekuler tersebut merupakan salah satu rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat audit kinerja ke Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

 

"Saat BPK audit kinerja ke Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang memang Dinkes harus menyediakan fasilitas pemeriksaan PCR secara lisan kami langsung menindaklanjutinya," kata Hakim.

 

"Jadi pemeriksaan masuk pagi sudah keluar sore, tidak perlu tunggu waktu lama lagi. Dan standar yang ditetapkan oleh WHO bahwa seribu persatu juta penduduk perminggu harus dilakukan pemeriksaan, nah kita kalau seratus sehari dengan penduduk kita 200 ribu, mudah-mudahan bisa kita lampaui pencapaian itu," ujarnya.

 

Menurutnya, dengan adanya lab PCR ini juga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pangkalpinang.

 

Diakui Hakim, pembangunan lab pemeriksaan PCR tersebut sengaja dikebutkan, mengingat saat ini pemerintah Kota Pangkalpinang masih mengirimkan hasil pemeriksaan ke Labkesda Provinsi Babel yang harus menunggu waktu lama mengetahui hasil pemeriksaan.

 

"Jadi pembangunan ini kami selesaikan kurang lebih selama satu bulan, mulai dari barang datang, penyusunan alat-alatnya, kita memang sudah bertekad Januari sudah kita laksanakan dan selesai," Katanya.

 

Tenaga kesehatan sendiri sudah melakukan pelatihan sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan. PCR yang ada di Laboratorium Biomolekuler itu dalam satu hari bisa memeriksa 100 sample covid-19.Ujarnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : KlikBabel.com