• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penambahan 194 Vaksin Untuk Pangkalpinang

Kamis, 14 Januari 2021 | 18:54 WIB
vaksin covid - 19
Loading...

KlikBabel.com, PangkalPinang - Akan divaksinasi menggunakan Vaksin Sinovac, vaksin perdana itu rencananya akan dimulai besok, Sebanyak 2.380 orang  di Pangkalpinang Jumat (15/1/2021).

 

Penambahan 194 vaksin,  untuk 2.380 orang di Kota Pangkalpinang. Mulanya Kota Pangkalpinang mendapatkan 4.566 vaksin pada Senin (12/1) lalu

 

dr Della Rianadita Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang mengatakan,  vaksin Sinovac yang sudah diterima sebanyak 4.760 dan dilakukan dua kali kepada penerima vaksin tersebut.

 

Penerima vaksin pertama yakni tenaga kesehatan. Vaksin ini akan didistribusikan ke sembilan Puskesmas, tiga rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

 

"Hari ini bisa dilakukan vaksinasi oleh Nakes yang sudah memiliki e-Tiket, tetapi secara simbolis perdana akan dilakukan oleh Wali Kota beserta Forkopimda, Ikatan Dokter Pangkalpinang, Persatuan Gereja, Naudhatul Ulama, Persatuan Umat Buddha dan Hindu besok 15 Januari  Pukul 13.00 di Rumah Sakit Umum Depati Hamzah,"   kata dr Della, Kamis (14/1/20201)

 

Menurutnya, dalam pemberian vaksin nanti, Dinkes menerapkan sistem empat meja yang sudah disosialisasikan ke tiap layanan yang menjadi tempat vaksinasi. Meja pertama yakni tempat registrasi dengan menunjukkan elektronik tiket (e-tiket) dan identitas penerima vaksin.

 

Meja kedua untuk mengukur tensi, temperatur dan diberikan pertanyaan oleh dokter sehingga dapat menentukan peserta yang layak divaksin, ditunda atau tidak dapat divaksin.

 

"Yang tidak bisa menerima vaksinasi yakni pernah terpapar Covid-19 dan yang ditunda sedang mengalami batuk, pilek maka diminta untuk beristirahat terlebih dahulu 2-3 hari. Selanjutnya yang memiliki penyakit diabetes mellitus dan HIV AIDS harus menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit," jelasnya.

 

Dia menyebutkan, pada meja ketiga untuk penyuntikan bagi yang lolos vaksin. Proses penyuntikan di lengan kiri atas masuk ke dalam otot sebanyak 0.5 cc dan pada meja keempat yakni validasi akan diberikan kartu sertifikat telah divaksin pertama.

 

"Vaksinasi dilakukan secara dua tahap, tahap pertama hari ke 0 setelah 14 hari maka akan dilakukan vaksinasi tahap kedua terhadap orang yang sama. Jadi 4.760 vaksin itu untuk 2.380 orang karena vaksinasi itu sendiri dilakukan dua tahap. 

 

Tentunya kemarin karena pak presiden sudah divaksin maka banyak nakes yang berlomba-lomba meminta untuk segera divaksin," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : KlikBabel.com