• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Diskominfo Babel Berbagi Ilmu Dengan Diskominfo Sumatera Selatan

Jumat, 18 Desember 2020 | 10:16 WIB
Kunjungan Diskominfo Sumsel ke Diskominfo Provinsi Babel. Diskominfo Prov Babel.
Loading...

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sudarman, pada hari Kamis (17/12/2020) menerima kunjungan kerja dari Dinas Kominfo Sumatera Selatan. 

Pada kunjungan ini, dilakukan beberapa pembahasan guna menambah wawasan tentang teknologi informasi, yang di antaranya adalah pembangunan fiber optic, pembagian bandwidth untuk para OPD yang dilakukan oleh Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara dibuka dengan pemaparan mengenai peran teknologi informasi. Kadiskominfo Sudarman mengatakan bahwa peran teknologi informasi pada Dinas Kominfo ini sangat penting, terutama saat terjadinya pandemi.  

“Peran Diskominfo menjadi sangat penting. Dengan adanya teknologi informasi menjadi sebuah berkah di tengah-tengah terjadinya pandemi covid,” ujarnya.

Hal ini dikarenakan semua kegiatan kerja maupun pendidikan yang semula dilaksanakan dengan tatap muka mulai beralih menjadi kegiatan daring yang membutuhkan teknologi informasi.

Diskusi yang mengalir santai pun berlanjut dengan pembahasan pembangunan fiber optic di Pemprov. Babel. Kasi infrastruktur dan Teknologi Kominfo, Firmansyah menyampaikan bahwa jaringan fiber optic di lingkungan Pemprov. Babel sudah hampir 90% terhubung.

“Untuk daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini hampir 90 lebih persen terhubung semua. Terkecuali OPD yang ada di luar komplek pemerintahan provinsi,” jelasnya.

Para OPD yang berada di luar komplek pemprov tidak menggunakan fiber optic namun, menggunakan sinyal radio.
 
“Ada tiga OPD yang berada di luar komplek pemerintahan provinsi yang menggunakan via radio, yaitu RSUD provinsi, Dinas Kehutanan, dan Arsip Daerah,” lanjutnya.

Sedangkan untuk pembagian bandwidth di masing-masing OPD mendapatkan koneksi internet dedicated bandwidth sebesar 500 mega yang tidak terbagi-bagi.

“Bandwidth dedicated sebesar 500 mega untuk semua OPD di Pemprov. Babel dengan ratio 1:1. Bukan yang seperti di rumah-rumah bandwidth nya terbagi-bagi,” terangnya.

Setelah diskusi, acara dilanjutkan dengan kunjungan tim Diskominfo Pemprov Sumsel ke data center yang dimiliki oleh Pemprov. Babel.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Provinsi Bangka Belitung