• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Peresmian Pulau Anggrek “Elsye Lestari”, Destinasi Wisata Baru Penuh Jenis Anggrek di Sungai Upang

Selasa, 08 Desember 2020 | 13:25 WIB
Peresmian Pulau Anggrek “Elsye Lestari” di Sungai Upang, Tanah Bawah. Foto ist.
Loading...

KlikBabel.com, Puding Besar - Gubernur Bangka Belitung bersama dengan Wakil Bupati Bangka dan Wakapolda Bangka Belitung meresmikan Pulau Anggrek 'Elsye Lestari' yang berlokasi di Sungai Upang Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Senin (7/12/2020). Pulau tersebut dibangun menjadi kawasan konservasi Flora dan Fauna di Bangka Belitung  yang berisi ratusan spesies tanaman anggrek.

Ada sekitar 123 jenis spesies tanaman anggrek ditanam di sekitaran pulau anggrek tersebut, dimana 76 jenisnya terindentifikasi dan tiga diantaranya termasuk dalam tanaman yang dilindungi. Kedepannya spesies yang belum terindentifikasi akan diteliti kedepannya.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP menilai kehadiran Pulau Anggrek ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung agar kedepannya wisata Sungai Upang dapat menjadi unggulan daerah terutama bagi Desa Tanah Bawah dan menjadi pendapatan desa.

"Kawasan ini apabila dikelola dengan baik tentunya akan memberikan manfaat yang banyak terutama bagi daerah. Pulau anggrek ini merupakan salah satu daya tarik disamping dari kekayaan alam seperti ikan tapah bahkan pesut yang pernah terlihat kemarin," ungkap Syahbudin.

Pulau anggrek berada dibawah pengelolaan komunitas pecinta lingkungan Bangka Flora Society (BFS) dan Sahabat Alam Sungai Upang Desa Tanah Bawah. Dibantu masyarakat serta Pemerintah Desa Tanah Bawah kawasan Sungai Upang terus dikembangkan untuk dijadikan kawasan konservasi.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Yuli Thulistianto menyampaikan peresmian Pulau Anggrek 'Elsye Lestari' bertepatan dengan peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional tahun 2020 yang diperingati setiap bulan november. Sehingga momentum tersebut dapat menjadi dukungan bagi kegiatan konservasi lingkungan.

Melalui Peresmian Pulau Anggrek tersebut Pemerintah Daerah baik Provisnsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka memberikan dukungan atas kegiatan konservasi lingkungan. Berbagai dukungan diberikan baik secara moril maupun materil guna dimanfaatkan kedepannya.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : KlikBabel.com