• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sosialisasi PPID di Tempilang, PLT Kadiskominfo: Siap Dukung Pembentukan PPID Tingkat Desa

Jumat, 04 Desember 2020 | 13:56 WIB
Sosialisasi PPID di Tempilang, PLT Kadiskominfo: Siap Dukung Pembentukan PPID Tingkat Desa. Diskominfo Bangka Barat.

KlikBabel.com - Tempilang  - Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adakan sosialisasi pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa , yang dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Tempilang pada Rabu (2/12).

Kegiatan ini diisi dengan paparan oleh 2 narasumber yaitu Plt. Kepala Diskominfo, Fachriansyah, SIP., M. Si yang juga merupakan Ketua PPID umum di Kabupaten Bangka Barat dan Syawaluddin selaku ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PPID (Pejabat Pengelola Informasi Publik dan Dokumentasi) berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID, masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Sosialisasi diikuti oleh 9 perwakilan desa yang masing-masing desa diwakili oleh dua peserta di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat.

Syawaluddin mengatakan bahwa desa merupakan salah satu badan publik Pemerintah yang bertanggung jawab menyampaikan informasi publik terhadap masyarakat.

"Kegiatan ini sebenarnya hanya sentuhan awal agar desa-desa itu bisa profesional tentang informasi publik ini. Kemudian nantinya kegiatan ini akan dilakukan di seluruh desa. Dan desa-desa di Kecamatan Tempilang akan menjadi percontohan bagi seluruh desa di Kabupaten Bangka Barat yang akan membentuk PPID," ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, Syawaluddin berharap agar desa-desa di Kabupaten Bangka Barat yang merupakan ujung tombak informasi publik di lingkup terkecil dapat tergerak untuk menindaklanjuti kegiatan ini.

Sementara itu, Fachriansyah menyebutkan bahwa ia sangat mendukung dan sangat berharap agar PPID Desa ini segera di bentuk.

"Kami sangat tidak sabar menunggu terbentuknya PPID desa ini, dengan senang hati kami akan membantu dan siap di panggil jika ada yang ingin ditanyakan mengenai PPID ini," ujarnya.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Bangka Barat