• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Manfaat Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jumat, 04 Desember 2020 | 13:32 WIB
Ilustrasi Buah Vitamin C (Pexels)
Loading...

Klikbabel.com - Hidup bersih dan sehat adalah salah satu faktor terpenting yang dilakukan pada saat pandemi Covid-19 ini.
Selain mengikuti protokol kesehatan, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga membuat imunitas tubuh kita kuat untuk melawan virus.

Berikut beberapa jenis buah yang mengandung Vitamin C , di antaranya :

1. Mangga

Kandungan yang ada dibuah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain vitamin C mangga juga kaya sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin E, kalium, dan tembaga. Dan buah mangga juga terbukti untuk membantu melindungi diri kita dari kanker payudara dan kanker usus besar.

2. Pepaya

Kandungan dari buah pepaya ini kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks(seperti asam folat, vitamin B6, vitamun B2, vitamin B1). Buah pepaya ini juga memberikan manfaat bagi tubuh, seperti membantu metabolisme tubuh (vitamin B komples), dan memperlancar pencernaan (serat).

3. Jambu biji

Satu buah biji mengandung 126 mg vitamin C. Selain vitamin C buah ini juga terbukti kaya akan kandungan antuoksida likoper yang dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Kiwi

Buah kiwi berukuran sedang memiliki kandungan 71 mg vitamin C. Dengan demikian, kiwi juga bermanfaat untuk mengurangi resiko pembekuan darah dan penyakit strore.

5. Lemon

Kandungan satu buah lemon dan kulitnya mengandung 83 mg vitamin C. Salah satu nya vitamin C dalam jus lemon.

6. Leci

Buah leci sendiri memgandung 7 mg vitamin C sebanyak 7,5 persen. Dan buah leci ini selain menyediakan vitamin C, bermanfaat untuk sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

7. Stroberi

Kebutuhan vitamin C pada stroberi mencukupi 99 persen perhari. Tak hanya vitamin C, stroberi juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti mangan, float, dan antioksida.

8. Jeruk

Semua jenis jeruk mengandung vitamin C, seperti jeruk mandarin mengandung 24 mg vitamin C, dan jeruk nipis mengandung 13 mg vitamin C.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin C :

1. Paprika kuning

Semakin tuanya paprika ini kandungan vitamin C dapat meningkat. Jumlah vitamin C pada paprika kuning dua kali lipat dibanding dengan paprika hijau. Dengan mengkonsumsi paprika kuning dapat mencegah terjadinya penyakit katarak dan untuk membantu kesehatan mata.

2. Brokoli

Satu mangkuk brokoli mengandung 80 miligram vitamin C. Walaupun setelah dimasak kandungan vitamin C nya berkurang, tetapi brokoli ini adalah sumber vitamin C yanh baik

3. Kembang kol

Mirip dengan brokoli, kembang kol juga mengandung sumber vitamin C, meskipun kadar vitamin C nya tidak terlalu tinggi dengan brokoli. Dalam satu mangkuk kembang kol terdapat sekitar 50mg vitamin C.

4. Bayam

Kandungan vitamin C pada bayam tidak sebanyak kandingan vitamin C kedua sayur sebelumnya, namun sayuran ini juga mengandung banyak nuyrisi penting, yaitu vitamin A, vitamin K, float, kalium, dan sat besi.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Geges
Sumber : Suara.com