• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Upaya Kurangi Sampah Pangan, Dinas Pangan Babel Gelar Kampanye Food Loss & Waste

Sabtu, 28 November 2020 | 10:52 WIB
Foto bersama dalam Kampanye Food Loss & Wast. Foto ist.
Loading...

KlikBabel.com, Koba - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gelar kampanye "Food Loss & Waste" di depan Kantor Bupati Bangka Tengah, Jumat (27/11/20).

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Edi mengatakan bahwa program ini diselenggarakan selain untuk mendukung program pusat, juga untuk mengurangi jumlah sampah pangan di Indonesia yang mencapai hingga 300 kg per tahun per orang.

“Food loss adalah sampah pangan yang masih dalam bentuk pangan mentah. Contohnya, penanganan sayur yang kurang tepat, penyimpanannya, dan pilihan belanja yang terlalu banyak. Sedangkan food waste adalah sampah pangan yang sudah dikonsumsi, misal sisa nasi dan sayur,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, setiap orang harus bisa mengukur porsi makan masing-masing sehingga, pangan yang seharusnya masih bisa dikonsumsi tidak terbuang dan busuk di tempat sampah. Sasaran dari kampanye ini adalah ibu-ibu yang notabene adalah orang yang dominan dalam mengatur pangan keluarga sehari-hari.

“Intinya jangan “melanya”, jangan malu ataupun gengsi untuk makan sampai habis. Makanlah secukupnya dan belilah sayur seperlunya. Terutama ibu-ibu, harus bijak dalam mengelola pangan sehari-hari,” tutupnya.

Kampanye "Food Loss & Waste" ditutup dengan pembagian doorprize bagi pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : KlikBabel