• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Melestarikan Dambus Lewat Dunia Pendidikan

Rabu, 21 Oktober 2020 | 12:34 WIB
Kegiatan Pelestarian Kesenian Tradisional Dambus. Diskominfo Pangkalpinang.
Loading...
Loading...

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Pangkalpinang, Suparyono menyatakan bahwa kegiatan melestarikan kesenian tradisional diharapkan menjadi wahana menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali melestarikan  dan mengendalikan nilai-nilai budaya yang hidup tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Pangkalpinang.

Hal ini disampaikan beliau saat membuka kegiatan Pengembangan, Pelestarian, dan Perlindungan Seni dan Budaya dengan tema “Pelestarian Kesenian Tradisional Dambus Sebagai Upaya Dalam Menumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal Di Masyarakat Pangkalpinang”, Selasa (20/10/2020) di Hotel Cordela Kota Pangkalpinang.

Maksud dan tujuan diadakan acara ini yaitu untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang kesenian tradisional Dambus, sebagai media pelestarian Kesenian tradisional Dambus pada masyarakat, tersusunnya aksi pelestarian pengembangan dan perlindungan Seni dan budaya Kota Pangkalpinang.

Sementara itu, pelestarian Kebudayaan Dambus secara masif lewat dunia pendidikan menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi merupakan langkah strategis.

"Bagaimana dambus secara orginalitas tidak dihilangkan tapi dia bisa secara masif terpublikasi dengan baik. Harapannya pelatihan ini bukan hanya

batas hari ini saja, ke depan kita ingin ada event-event lomba-lomba mengenai dambus ini," jelas Eddy.

Lebih lanjut Eddy mengungkapkan dambus di satuan pendidikan bisa dimasukkan dalam muatan lokal sehingga terlestarikan.

Rencananya kegiatan yang akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 20 - 22 Oktober 2020 ini mengundang peserta guru-guru seni sekolah dasar dan SWBB.

Hari pertama dan kedua kegiatan difokuskan ke penguatan materi Dambus dengan narasumber Seniman dan budayawan kesenian Dambus seperti Onny Nur Pratama, S.Sn, M.Sn, Arsalim, S.Pd, dan Sulaiman.

Sedangkan di hari terakhir pada puncak acara akan diadakan Gelar Dambus di Kampoeng Tige Oerang atau Masjid Kayu Pangkalpinang.

 

Loading...
loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Pangkalpinang