• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pepelingasih Babel Gencarkan Gerakan Pemuda Sadar Lingkungan Bersama Diskepora di Tempilang

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:47 WIB
Kegiatan Program Pemuda Sadar Lingkungan. Foto ist.
Loading...

KlikBabel.com, Tempilang - Pepelingasih Babel dalam pembentukan karakter pemuda peduli lingkungan asri dan bersih melaksanakan Program Pemuda Sadar Lingkungan, dengan Tema Lend Your Hand, Save The Environment bagi generasi muda dengan melibatkan seluruh komunitas Se-Kecamatan Tempilang. Kamis (15/10/2020).

Kegiatan Pemuda Sadar Lingkungan dilaksanakan oleh komunitas Recycling Generation Babel yang di support DISKEPORA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pelaksanaan kegiatan ini lewat kolaborasi bersama Bujang Dayang Bangka Barat dan BUMDES Desa Air Lintang yang dihadiri tamu undangan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KUMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dispora Bangka Barat, Dinas Pariwisata dan kebudayaan Bangka Barat, Duta Wisata Bangka Barat, Duta Genre Bangka Barat, Duta Generasi Hijau Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gerakan aksi nyata Pemuda Sadar Lingkungan tersebut diikuti sebanyak 50 pemuda-pemudi yang dibatasi agar kondisi pelaksanaan tetap bisa kondusif dengan tetap selalu mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Orie Fachridho Hermawan Selaku Ketua Pelaksana Program Pemuda Sadar Lingkungan dan juga Founder Recycling Generation Babel, mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa sekali dari melihat antusias peserta yang aktif Ketika berada di kegiatan diawali adanya kegiatan penandatanganan komitmen, pembagian 1000 bibit tanaman buah, dan penanaman pohon yang dilakukan tamu undangan serta diikuti peserta.

Kegiatan perlombaan yang diikuti peserta juga dalam merealisasikan komitmen aksi nyata adalah melakukan mutik sampah selanjutnya dilakukannya pembuatan bata sampah (Ecobrick), sehingga dengan adanya aktivitas aksi nyata ini sudah bisa membuat 185 Ecobrick dari sampah plastik tersebut.

Ecobrick adalah jenis pengolahan sampah non organik yang kita ketahui sebagai bata ramah lingkungan terbuat dari botol yang diisi dengan sampah plastik hingga padat, sebuah botol plastik ukuran 600 mililiter dapat diisi sekitar 250 gram sampah plastik. Botol -botol hasil Ecobrick sendiri dapat dirangkai menjadi karya Artistik Limbah Plastik.

Kegiatan aksi yang dilakukan ini seharusnya selalu dilakukan nanti oleh peserta yang telah kita berikan edukasi pengolahan sampah karena pengelolaan sampah yang ada saat ini masih saja belum teratasi sepenuhnya karena selama ini banyak sekali sampah plastik yang masih dijumpai di lingkungan sekitar, sehingga jika ini terus berlanjut akan sangat dikhawatirkan kareba proses masa terurai dari sampah plastik agar alam bisa menguraikan atau menghancurkan sampah yang bersifat anorganik diperlukan waktu yang lama.

Harapan saya gerakan yang telah ada ini akan selalu diterapkan dan menjadi budaya pengurangan sampah, terutama dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya dengan rasa kepedulian terhadap lingkungan yang harus selalu keberlanjutan.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel Ferdiyan Hermawan Loebis, mengapresiasi kegiatan Pepelingasih Bangka Belitung sebagai pelopor pemuda dalam kegiatan Pemuda Sadar Lingkungan yang diikuti oleh pemuda-pemudi se-Kecamatan Tempilang.

Ferdiyan berharap, bagi pemuda-pemudi yang sadar dengan lingkungan agar dapat dipertahankan, dengan mencintai lingkungan nantinya akan mendapatkan hasil.

‘’Tetap pertahankan kesadaran mencintai lingkungan, nanti kita akan mendapatkan hasilnya, seperti pariwisata kita akan meningkat, bersih dan menjadi daya tarik wisatawan yg akan berkunjung.’’ jelasnya.

"Dari yang dilihat dengan semangatnya Peserta yang tergabung didalam Kegiatan Pemuda Sadar Lingkungan, saya sangat senang akan hal ini dan akan selalu mendukung kegiatan - Kegiatan tersebut, apalagi yang bersifat positif hingga harapan saya mereka mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dan berbagai lapisan masyarakat dalam melaksanakan aksi nyata yang berkelanjutan,"harap Ferdiyan.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : KlikBabel