• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mobil Tesla Roadstar Dekati Planet Mars

Jumat, 09 Oktober 2020 | 08:47 WIB
Starman dan mobil Tesla Roadster yang dikirim ke antariksa oleh roket SpaceX pada Februari 2018 sedang melesat di antariksa. [AFP/SpaceX]

Klikbabel.com - Mobil Tesla Roadster yang dilepas di luar angkasa pada 2018 lalu telah mencapai titik terdekat dengan Planet Mars pada pekan ini, demikian diwartakan oleh Digital Trends.

Tesla Roadster yang membawa boneka maneken bernama Starman itu mulai mendekati Mars pada Rabu (7/10/2020) kemarin. Mobil itu meninggalkan Bumi pada Februari 2018 lalu, diangkut oleh roket Falcon Heavy milik SpaceX - perusahaan milik Elon Musk.

"Starman, terakhir terlihat meninggalkan Bumi, telah mendekati Mars pada hari ini pada jarak 0,05 astronomical unit atau di bawah 5 juta mil dari Planet Merah itu," cuit SpaceX di Twitter.

Mobil Tesla Roadster merah itu sendiri adalah mobil pribadi Elon Musk yang dikirimnya ke luar angkasa dalam penerbangan perdana roket Falcon Heavy pada awal 2018 silam.

Musk, yang berbicara kepada media usai mobilnya dilepas ke antariksa, mengatakan aksi itu hanya untuk senang-senang belaka.

Pada November 2018, sembilan bulan setelah meninggalkan Bumi, Tesla Roadster dan Starman telah berhasil melampaui lintasan orbit Mars. Sementara pada Agustus tahun yang sama, mobil itu berhasil menyelesaikan satu putaran mengelilingi Matahari.

Menurut Where is Roadster?, website yang didedikasikan untuk melacak petualangan Tesla merah dan Starman di luar angkasa, mobil itu itu sudah berjarak 38 juta mil dari Bumi. Ia menyelesaikan satu putaran terhadap Matahari setiap 557 hari.

loading...


Penulis  : -
Editor    : Kenni
Sumber : Suara.com