• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Basel Berangkatkan 5 Calon Mahasiswa Beasiswa Hafiz Quran Junjung Besaoh

Sabtu, 26 September 2020 | 09:17 WIB
Pemkab Basel Berangkatkan 5 Calon Mahasiswa Beasiswa Hafiz Quran Junjung Besaoh [foto ist]
Loading...

KlikBabel.com, Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menerima kunjungan silaturahmi sekaligus melakukan pemberangkatan terhadap 5 Calon Mahasiswa Beasiswa Hafiz Quran Junjung Besaoh dari setiap kecamatan ke Institut Agama Islam Tazkia Sentul Bogor Jawa Barat oleh Bupati Bangka Selatan Dr. Ir. Drs. H. Justiar Noer, M.M. M.Si, B.A.E di Ruang Kerja Bupati, Jumat (25/9/2020) siang.

Kelima Calon Mahasiswa ini terdiri dari masyarakat Bangka Selatan yang mewakili sekolah serta kecamatan masing-masing dan sudah mengikuti tahapan-tahapan seleksi mulai dari tes akademik, tes administrasi, tes wawancara dan terakhir verifikasi kerumah kediaman orang tuanya.

Kemudian, mereka akan masuk Institut Islam Tazkia dengan program Tahfizh untuk program studi Akutansi Syariah, jadi selain menjadi mereka menjadi editor nantinya mereka juga sebagai penghapal Al Qur'an dan kebijakan dari Bupati Bangka Selatan selama 4 (empat) tahun kuliah akan dibiayai pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, dari mulai biaya kuliah, biaya tinggal, biaya makan, uang saku sampai uang kesehatan semuanya dibiayai Pemkab Basel.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan Sumadi, S.Pd dalam pembukaannya berharap kelima mahasiswa ini dalam menuntut ilmu baik hafiz maupun akademiknya nanti dapat berjalan dengan lancar dan diberi kesehatan.

"Calon mahasiswa tahfizh quran yang akan diberangkatkan ini telah hafiz 5 juz itu yang kami persyaratkan, sehingga harapan kita pada saat kuliah nanti disamping menyelesaikan pembelajaran akademik mereka diharuskan seletah lulus hafiz 30 juz, mudah-mudahan anak-anak Bangka Selatan ini disamping dia dapan memiliki kompetensi akademik yang bagus juga memiliki akhlakul kharimah yang baik," ujarnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya Bupati Bangka Selatan Dr. Ir. Drs. H. Justiar Noer, M.M. M.Si, B.A.E mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus, anak-anak ini bisa masuk dan berkuliah di sana sangat luar biasa dan berpesan kepada para calon mahasiswa agar terus berjuang, tegar dan jangan patah semangat selama menempuh pendidikannya.

"Kita harapkan kedepannya lebih dari lima dan tambah banyak yang berkuliah mengambil ilmu ini dan menjadi hafiz, mudah-mudahan dengan embrio ini keluarga-keluarga atau orang tua yang lain juga ingin menyekolahkan anaknya kesini, terimaksih kepada orang tua karena tidak mudah mengarahkan anaknya untuk yang seperti ini," ujarnya.

Adapun kelima mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut yaitu :
1. Zubaidah, asal sekolah SMA Negeri 1 Toboali, dari Kecamatan Tukak Sadai
2. Andi Humairah, asal sekolah SMA Negeri  1 Toboali, dari Kecamatan Toboali
3. Fer. Apriansyah, asal sekolah MAN Insan Cendikia, dari Kecamatan Simpang Rimba
4. Sugandi, asal sekolah SMA Simpang Rimba, dari Kecamatan Simpang Rimba
5. Lisa Amelia, asal sekolah MA Darrul Istiqomah, dari Kecamatan Air Gegas.(*ggr)

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Bangka Selatan