• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kegiatan Pembinaan Pansel JPT Secara Virtual Oleh KASN

Kamis, 17 September 2020 | 06:30 WIB
Kegiatan Virtual dengan JPT. Foto ist.
Loading...

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam didampingi perwakilan dari BKPSDMD serta Diskominfo Kota Pangkalpinang menghadiri Webinar Nasional Pembinaan Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Instansi Pemerintah Daerah. Kegiatan yang diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ini, menjadi salah satu Agenda Harian Pemerintah Kota Pangkalpinang pada, Rabu (16/9/2020) bertempat di ruang OR kantor Walikota Pangkalpinang.

Saat membuka acara Wakil Ketua KASN Kastip Kinanti, SH. M. Hum mengatakan pembinaan ini sebagai upaya melakukan peningkatan kapasitas, kualitas dan integritas membangun kesamaan persepsi terhadap aspek terkait dengan kebijakan dan penyelenggaraan manajemen ASN terutama dalam pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan di instansi pemerintah.

Kompetensi panitia seleksi merupakan elemen utama yang harus ditingkatkan karena ujung tombak dalam penerapan Sistem Merit guna memastikan pejabat pembinaan kepegawaian memilih calon-calon terbaik menduduki pimpinan tinggi. Melakukan pembinaan terhadap panitia seleksi adalah tugas penting KASN, para pejabat pembina kepegawaian serta pejabat di lingkungan instansi pemda serta akademisi, pakar dan profesional. Para akademisi, pakar dan profesional diharapkan menjadi sektor penyeimbang dalam melaksanakan tugas panitia seleksi terbuka sehingga membuka ruang objektivitas.

Sedangkan unsur internal para pejabat di lingkungan pemda melihat dari kacamata sosiokultural dengan pemahaman konteks Lembaga yang lebih baik. Sinergi keduanya diperlukan dalam melahirkan para pemimpin-pemimpin birokrasi yang kompeten, beretika, berkinerja tinggi serta bermoral sehingga mampu mengambil keputusan yang cepat dengan pertimbangan dinamis dan adaptif.

Acara Webinar ini sendiri dilaksanakan KASN selama tiga hari dengan peserta dari Kementerian dan Lembaga di hari pertama, perwakilan pemerintah daerah seluruh Indonesia di hari kedua, dan terakhir peserta dari alumni kegiatan Getting That Selection Right.

Para narasumber yang hadir memberikan pemamahan tentang regulasi pengisian JPT, rincian aspek standar kompetensi JPT, dan tata cara Pansel dalam melakukan elaborasi kompetensi kepada peserta seleksi terbuka.

Loading...
loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Pangkalpinang