• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Makanan Favorit Rich Brian, Begini Cara Membuat Ayam Pop ala Bukittinggi

Sabtu, 12 September 2020 | 13:22 WIB
Sajian ayam goreng.
Loading...

KlikBabel.com,Jakarta- Beberapa waktu yang lalu, Najwa Shihab mendapatkan kesempatan mewawancarai penyanyi Rich Brian secara daring. Dalam perbincangan kala itu, Najwa Shihab menanyakan makanan apa yang sebenarnya paling disukai Rich Brian ketika berada di Restoran Padang.

Dengan mantap, Rich Brian menjawab bahwa dirinya sangat menyukai sajian ayam pop. Ayam pop sendiri sebenarnya merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

Cita rasa ayam pop dikenal gurih dan unik. Tak heran jika banyak orang begitu gemar menyantap hidangan ini saat berada di restoran Padang. Ciri khas ayam pop antara lain memiliki warna pucat meskipun sudah selesai dimasak.

Lalu seperti apa cara membuat ayam pop ini? Berikut Suara.com bagikan cara membuat ayam pop yang berhasil kami rangkum dari laman Cookpad, Sabtu (12/9/2020).

Bahan-bahan:

. 3 ekor ayam pejantan, buang kulitnya
. 10 siung bawang merah
. 5 siung bawang putih
. 1 ruas jahe
. 15 lembar daun salam
. 1 batang serai besar, iris tipis
. 1 ruas lengkuas, iris-iris
. 5 lembar daun jeruk
. 1 bungkus air kelapa
. Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Pertama-tama, alasi panci dengan daun salam dan juga rempah-rempah seperti sereh serta lengkuas. Setelah itu letakkan ayam yang sudah dibersihkan kulitnya ke dalam panci.
2. Berikutnya, haluskan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan juga kemiri dengan menggunakan food processor atau blender. Jika tidak ada, bisa diulek secara manual.
3. Setelah itu, tuang bumbu halus tadi di atas ayam, kemudian tuangkan air kelapa lalu tambahkan garam secukupnya sesuai selera.
4. Ungkep ayam dalam panci dengan api kecil pada kompor. Tunggu sampai air kelapa yang digunakan untuk merebus ayam menyusut.
5. Sesudah air ungkepan menyusut dan jugaa ayam matang, tiriskan. Sisa air merebus ayam usahakan jangan dibuang, gunakan untuk merebus daun singkong agar gurih serta lezat.
6. Selanjutnya, panaskan minyak kemudian goreng ayam selama kurang lebih 10 menit, lalu angkat. Menggoreng ayam pop tidak harus lama, cukup sebentar saja.
7. Tahap terakhir, angkat ayam jika sudah mengkilat, lalu hidangkan dengan nasi hangat, dan juga saun singkong serta sambal sesuai selera.

Nah, itu tadi cara membuat ayam pop kesukaan Rich Brian. Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil, ya!

 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Verde Nurul Kamilia
Sumber : Suara.com