• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pranata Humas Diimbau Aktif Sampaikan Program dan Kebijakan Pemerintah

Jumat, 11 September 2020 | 20:52 WIB
Wagub Abdul Fatah. Foto Ist.

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Humas pemerintah diharapkan mampu berperan aktif menyampaikan program dan kebijakan pemerintah secara luas kepada masyarakat.

Dengan kompetensi yang dimilikinya, humas berperan mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pembangunan daerah. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah saat membuka acara pelatihan media handling di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (11/9/20).

Kegiatan diikuti oleh pranata humas dan pejabat eselon lingkungan Pemprov. Kepulauan Babel. Dengan mengusung tema "Berhubungan Secara Profesional dan Efektif Untuk Meningkatkan Pariwisata Bangka Belitung", tim ITJI pusat memberikan pelatihan berupa pembuatan press release berupa konten video, teks, serta teknik wawancara untuk mendapatkan informasi dari narasumber.

"Kehadiran IJTI di Babel ini adalah untuk membentuk dan membangun karakter pranata humas sehingga memiliki kemampuan berkomunikasi efektif dan profesional," ujar Wagub Abdul Fatah.

Dalam penjelasannya, jabatan fungsional pranata humas di lingkungan pemerintah diharapkan menyerap strategi maupun pengetahuan yang disampaikan oleh praktisi ITJI.

"Jabatan fungsional pranata humas merupakan pelayan terdepan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Oleh karenanya, melalui pelatihan ini pranata humas dapat mengembangkan kompetensinya," ungkapnya.

Menurut Wagub Abdul Fatah, humas juga diharapkan membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan terpecaya.

"Humas juga diharapkan bisa membangun kepercayaan masyarakat melalui berbagai inisiatif kehumasan sehingga mereka akan mendukung program dan kebijakan pemerintah," ujarnya.

Sementara itu Sekjen IJTI Pusat, Indria Purnama Hadi mengatakan pranata humas saat ini harus adaptif menguasai teknologi digital.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cara komunikasi efektif bagi pranata humas di Babel agar pesan kita sampai kepada masyarakat," ujarnya.

Sekjen IJTI Pusat, Indria Purnama juga mengatakan humas pemerintah saat ini dituntut memiliki kemampuan dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan teknologi yang sangat cepat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini pranata humas di Babel dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat," pungkasnya.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo BabelProv