• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Molen Terima Kunjungan Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI)

Jumat, 11 September 2020 | 21:02 WIB
Pani Melayu. Foto Ist.

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil biasa disapa Molen menerima kunjungan para pengurus Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD 2 Pangkalpinang, Kamis (10/9/20) diruang rapat Lantai 2 Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang.

Hadir mendampingi walikota pada kegiatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Menurut Nur Muhammad selaku Ketua PANI, maksud dari kunjungan mereka adalah untuk menyampaikan keberadaan organisasi ini kepada Wali Kota Pangkalpinang beserta jajarannya sekaligus menyampaikan aspirasinya untuk ikut serta dalam memeriahkan HUT Kota Pangkalpinang Ke-263.

Adapun aspirasi yang diajukan oleh PANI Pangkalpinang adalah mengadakan festival budaya nusantara yang akan dibagi menjadi 2 kategori antara lain kategori khusus melayu sebagai kearifan local dan sebagai budaya nusantara. Hal ini mengingat Kota Pangkalpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki keberagaman suku, bangsa, adat dan agama yang ada dalam masyarakat Kota Pangkalpinang sehingga Kota Pangkalpinang merupakan Masyarakat heterogen.

Selain itu, Nur juga menjelaskan terkait dibentuknya PANI yaitu sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang sosial dan budaya, serta bermaksud mengawal adat melayu Pangkalpinang dan ingin ikut menjaga kelestarian adat melayu di Kota Pangkalpinang.

Menanggapi hal ini, Molen sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan dan tujuan PANI serta merasa bangga dan menyambut baik maksud dan keberadaan PANI di Kota Pangkalpinang. Mengenai keikutsertaan PANI untuk ikut dalam kegiatan HUT Provinsi Bangka Belitung mendatang yang akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Molen menyarankan agar untuk rencana tersebut diharapkan Kota Pangkalpinang dapat menjadi pusat dalam perayaan HUT Babel tersebut.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Geges
Sumber : Diskominfo Pangkalpinang