• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Polda Babel Musnahkan 211,2 Kg Narkoba Jenis Sabu

Selasa, 08 September 2020 | 08:33 WIB
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau biasa di sapa Molen menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 211,2 Kg yang merupakan hasil pengungkapan kasus oleh Ditresnarkoba Polda Babel, Senin (7/9/20) bertempat di Halaman Gedung Dit TAHTI Polda Babel Jln.Perkantoran Gubernur Kel. Air Itam Kota Pangkalpinang. (Ist)

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau biasa di sapa Molen menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 211,2 Kg yang merupakan hasil pengungkapan kasus oleh Ditresnarkoba Polda Babel, Senin (7/9/20) kemarin bertempat di Halaman Gedung Dit TAHTI Polda Babel Jln.Perkantoran Gubernur  Kel.Air Itam Kota Pangkalpinang.

Direktur Narkoba Polda Kep. Babel, Kombespol Ahmad Yanuari Insan, SIK. M.si  dalam laporannya menyatakan bahwa Ditresnarkoba Polda Babel telah berhasil mengungkap kasus penyelundupan Narkoba.

Penyelundupan ini berasal dari Myanmar melewati Malaysia  ke indonesia melalui Riau dan transit di Pangkalpinang yang akan di bawa ke Jakarta melalui pelabuhan Pangkalbalam dengan total jumlah barang bukti sebesar 211.2 Kg.

“Ini merupakan pengungkapan kasus terbesar di Polda Babel. Berdasarkan keputusan kejaksaan Negeri Pangkalpinang, bahwa barang bukti tersebut pada hari ini akan dilakukan pemusnahan dengan cara di blender menggunakan blender raksasa di campur cairan diterjen,cairan Karbol setelah itu dikuburkan di saksikan oleh tamu undangan semua,”ungkap Dir Narkoba Polda Kep.Babel.

Sementara itu, Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat dalam sambutannya menyatakan bahwa prosesi pemusnahan Narkotika jenis sabu ini penangkapannya berawal pada tanggal 21 Juli 2020.

Dimana pengungkapan jenis sabu ini berawal dari delapan karung jagung yang ada di pelabuhan Pangkalblam dikirim dari Myanmar lewat Malaysia ke Indonesia melewati Riau dan Transit di pangkalbalam dan akan di bawa ke Jakarta melewati Pelabuhan Pangkalbalam.

“Dengan hasil total 211,2 kg, hampir setiap hari Jajaran kami dan BNNP mendapat laporan dari masyarakat serta menangkap penguna narkoba.Kita harus giat dan yakin setiap penyalahgunaan narkoba adalah musuh kita bersama,” Kata Kapolda.

Lanjut Kapolda, disinyalir barang-barang tersebut masuk ke pulau bangka melalui pelabuhan-pelabuhan salah satunya Pelabuhan Pangkalbalam dan akan dikirim ke Jakarta melalui jalur laut

Sedangkan Gubernur Babel, Erzaldi Roesman dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang luar biasa atas pengungkapan kasus narkotika jenis sabu sebesar 211,2kg.

“Kami Pemerintah Provinsi Babel memberikan aspirasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus narkoba ini dan saya yakin akan di ikuti pengungkapan kasus lainnya,”papar Gubernur.

Menurut Gubernur, Babel ini merupakan propinsi kepulauan,dimana masih banyak pulau-pulau yang tidak ada penghuninya dan dikhawatirkan akan digunakan para penyelundup narkoba.

“Saya yakin walupun dengan keterbatasan alat pendukung lainnya,Polda Babel dapat mengungkapkan dan menangkal peredaran narkoba di Babel.Narkoba merupakan musuh kita bersama dan kita lawan sampai ke akar-akarnya,” tegas Gubernur.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu dengan menggunakan blender oleh Forkopimda dan di saksikan oleh para tamu undangan.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Danrem 045/Gaya, Brigjen TNl Mateus Jangkung Widyanto, Kajati Babel, I Made Suarnawan, S.H.,M.H, Ketua Pengadilan tinggi Babel  Hj.Asnhawati,SH,MH, Kakanwil kumham Babel, Syaiful  Anas, Kepala BNNP Babel  Brigjenpol Drs.Suprawoto, Wakapolda Babel, Brigjenpol Umardani, Ketua MUI Propinsi Babel, Dr.Zayadi Amzah, Kapolresta Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah, Pasintel Lanal Babel, Undang Rohana  serta 60 orang tamu undangan dan insan Pers.

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Ayu
Sumber : suara.com