• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sejarah Khotbah Saat Salat Idulfitri dan Iduladha

Jumat, 31 Juli 2020 | 08:16 WIB
Warga perumahan komplek Inkopad, Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar solat Idul Fitri di Masjid Al-Barokah, Minggu (24/5/2020). (Suara.com/M Yasir)
Loading...

KlikBabel.com - Hari ini, 31 Juli 2020 umat islam sedang bersuka cita merayakan hari raya Iduladha 1441 Hijriah. Seperti hari raya Idulfitri, Iduladha yang juga disebut sebagai hari raya kurban berisi khotbah saat salat id.

Tapi kenapa sih ada khotbah saat salat Iduladha dan Idulfitri?

Mengutip NU Online, (30/7/2020) salat id dan khotbah merupakan sunnah. Khotbah dalam salat sunnah ini jadi penanda betapa pentingnya waktu itu, seperti khotbah salat jumat yang jadi sebagai sayyidul ayyam atau rajanya hari.

Sehingga kesimpulannya Idulfitri dan Iduladha merupakan waktu yang istimewa. Bahkan rasulullah pun mengantarkan umatnya untuk berduyun-duyun keluar rumah menyambut hari istimewa itu.

Khotbah pada salat id diikuti salat dua rakaat usai, bukan sebaliknya. Hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim menjelaskan bahwa Nabi Muhammad, Abu Bakar, dan Umar juga menunaikan dua salat id sebelum khotbah.

Hukum khotbah dalam salat id memang sunnah. Namun, keduanya harus dijalankan dalamsatu paket untuk memenuhi rukun khotbah.

Rukun khotbah saat salat id tidak berbeda dari rukun khotbah pada salat Jumat, yaitu bertakbir kepada Allah, membaca shalawat, berwasiat tentang takwa, membaca ayat al quran dalam salah satu khotbah, dan juga mendoakan kaum muslimin pada saat khotbah.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rahayu
Sumber : suara.com