• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


The Fed Bawa IHSG Naik Tipis ke Level 5.116

Kamis, 30 Juli 2020 | 09:21 WIB
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (24/5).
Loading...

Klikbabel.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka pada zona hijau pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (30/7/2020).

Melansir data RTI, IHSG berada pada level 5.116 naik 5 poin atau 0,10 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin di level 5.111.

Begitu juga dengan laju indeks LQ45 yang ikutan naik tipis 1 poin atau 0,12 persen menuju level 796.

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 86 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 48 miliar dan volume transaksi mencapai 2,5 ribu kali.

Sebanyak 73 saham menguat 30 saham turun dan 63 saham belum ditransaksikan.

Analis pasar modal dari MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengungkapkan ditahannya suku bunga Fed Fund Rate (FFR) oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) membuat Indeks Dow Jones menguat sebesar 0,61 persen sehingga membuat IHSG untuk menguat dalam perdagangan di hari Kamis ini.

Lebih lanjut, naiknya harga beberapa komoditas seperti minyak sebesar 0,58 persen, emas, 0,71 perseb, kelapa sawit 1,04 persen dan nikel 1,57 persen berpotensi mendorong naik saham-saham berbasis komoditas tersebut dalam perdagangan Kamis ini.

"IHSG berpeluang rebound dalam perdagangan Kamis ini ditengah secara valuasi banyak saham sangat menarik untuk dibeli," kata Edwin dalam analisanya.

Dirinya merekomendasikan sangat selektif jika investor ingin melakukan BUY atau Swing Trade maka dapat fokus atas saham dari sektor Rokok, Konsumer, Infrastruktur, CPO, Logam Timah dan Industri Dasar dalam perdagangan Kamis.

Laju IHSG diperkirakan bergerak pada 5,062 - 5,146 adapun saham-saham yang layak untuk dikoleksi pada hari ini adalah GGRM, UNVR, TBIG, AALI, ACES, TINS, LSIP, TKIM, WIIM dan GJTL.

Kemudian, mayoritas bursa saham di developed economies bergerak menguat. Bursa saham benua kuning bergerak bervariasi pada perdagangan rabu kemarin. Indeks Hang Seng ditutup menguat sebesar 0,45 persen, lalu indeks Shanghai dan Indeks Kospi masing-masing ditutup menguat 2,06 persen dan 0,27 persen.

Sementara itu, Dow Jones ditutup menguat sebesar 0,61 persen di level 26,539 hal ini sejalan dengan penguatan S&P 500 sebesar 1,24 persen.

Wall Street ditutup menguat dikarenakan keputusan The Fed yang mempertahankan suku bunga acuan nya di level 0 sampai 0,25 persen menjadi pemicu optimisme investor akan pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup flat dengan turun tipis 0,04 persen kelevel 5,111. Sentimen penggerak pasar hari ini diantaranya bursa saham AS yang ditutup menguat memberikan kabar positif untuk perdagangan hari ini.

Selain itu perkembangan kasus Covid-19 masih terus menjadi sentimen negatif bagi pelaku pasar, selanjutnya dari rilis data ekonomi Hong Kong yang resmi mengalami resesi di kuartal II-2020 dengan pertumbuhan minus 9 persen.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Siti Komariyah
Sumber : Suara.com