• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bisa Bikin Tambah Fokus, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Selasa, 21 Juli 2020 | 12:05 WIB
lustrasi (shutterstock)
Loading...

Klikbabel. com - Selama ini kita menganggap hanya sayur, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan yang masuk dalam kategori makanan sehat.

Padahal, beberapa makanan dan minuman favorit berikut juga menyehatkan bahkan dapat membuat kita lebih fokus karena mampu merangsang sel otak.

Berikut daftar makanan yang mampu membuat kita lebih fokus seperti yang Suara.com kutip dari The Daily Meal, Selasa (21/7/2020).

1. Ikan Salmon
Ikan berlemak seperti salmon bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan otak. Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang berlimpah.

Para pakar kesehatan merekomendasikan ikan berlemak seperti salmon ini dikonsumsi dua kali seminggu. Cara terbaik mengolahnya adalah dengan memanggangnya, selain cepat cara ini juga lebih menyehatkan dibanding menggorengnya.

2. Kaldu Tulang
Menyantap semangkuk kaldu tidak hanya cocok di musim dingin. Tapi sup ini juga bisa ditambahkan dalam item diet lho. Menurut North Central University, kaldu tulang adalah makanan yang bisa menyehatkan usus dan bisa membantu merangsang otak.

Ini karena kolagen ditemukan dalam tulang yang diubah menjadi kaldu, juga mengandung asam amino seperti glisin dan prolin yang membantu meningkatkan daya ingat.
3. Kopi
Banyak orang kerap mencari kopi saat sedang banyak pekerjaan atau tidak bisa fokus berpikir. Baik itu berbentuk latte, cappuccino, atau salah satu jenis kopi lainnya. Memulai hari dengan secangkir kopi juga bisa meningkatkan kinerja otak.

Penelitian terbaru yang dipublikasi Harvard Health menunjukkan orang yang lebih banyak mengonsumsi kafein memiliki kinerja lebih baik dalam tes daya ingat, dan memperoleh skor lebih tinggi dalam tes mental. Tapi ingat perhatikan jumlah gulanya ya.

4. Cokelat Hitam

Ini menjadikan alasan mengonsumsi secangkir cokelat hitam setiap hari adalah hal yang baik. Selain meningkatkan suasana hati, minuman ini juga menyehatkan tiroid dan meningkatkan kemampuan pengingat.

Menurut United Brain Association, cokelat hitam mengandung flavonoid, kaya antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi peradangan.

Antioksidan sendiri sangat penting untuk kesehatan otak karena otak rentan berhadapan dengan stres oksidatif, sebagai penyebab penurunan daya ingat. Cokelat hitam juga bisa meningkatkan plastisitas otak, bagian penting untuk meningkatkan kemampuan belajar.

5. Almond

Makanan ini bisa dijadikan sebagai camilan di siang hari, selain menyehatkan almond juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

Meski tinggi kalori dan lemak, tapi kacang satu ini dikemas dengan vitamin E yang larut dalam lemak. 100 gram almond, bisa mengandung 50 persen dari asupan harian vitamin E yang dibutuhkan. Vitamin E sendiri adalah pelindung kesehatan otak.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Siti Komariyah
Sumber : Suara.com