• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Minat Hewan Kurban Meningkat Menjelang Lebaran Idul Adha

Selasa, 30 Juni 2020 | 15:18 WIB
Ist. Balai Karantina Pertanian Kelas Dua Kota Pangkalpinang.
Loading...

KlikBabel.com, Pangkalpinang- Para produsen hewan kurban mulai menyiapkan pemasokan hewan kurban untuk persiapan Idul Adha.
Hewan kurban didatangkan dari berbagai wilayah melalui pelabuhan yang ada di Bangka Belitung.  Kemudian hewan yang datang ke wilayah Bangka Belitung tetap dipantau oleh Balai Karantina Pertanian Kelas Dua Kota Pangkalpinang.

Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok dan Tanjung Pandan menjadi jalur pemasok pendistribusian hewan kurban ke Bangka Belitung.
Ada sekitar 657 ekor sapi dan 33 ekor kambing dari Pelabuhanbalam. Kemudian 886 ekor sapi dan 1.819 ekor kambing dari pelabuhan Muntok, dan ada sekitar 273 ekor sapi dan 383 ekor kambing dari Tanjung Pandan.

Menurut drh. Akhir Santoso selaku kepala seksi karantina hewan menyatakan untuk hewan- hewan kurban didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia meliputi Lampung, Pangkalan Madura, dan beberapa juga sebagian didapatkan dari Bali.

Semua hewan kurban yang masuk ke wilayah Bangka Belitung akan dilakukan pemeriksaan laboratorium oleh Balai Karantina Pertanian Kelas Dua Kota atas kelayakan untuk dipasarkan ke masyarakat, hewan harus bebas dari penyakit brucellosis.

Kemudian langkah selanjutnya Balai Karantina akan memastikan hewan yang didatangkan ke wilayah Bangka Belitung  sehat fisik dan apabila berhasil melewati tahapan standar yang ditetapkan dan Balai Karantina akan mengeluarkan sertifikat pelepasan.

KlikBabel.com
 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rahayu
Sumber : klikbabel.com