• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Bateng Melakukan Perekrutan PPDP Untuk Pilkada 2020

Senin, 29 Juni 2020 | 19:59 WIB
TVC Perencanaan Data dan Informasi KPU Bangka Tengah, Panjitiana
Loading...

KlikBabel.comKoba - Tahap Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020 Saat ini telah memasuki tahap perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Seperti yang disampaikan oleh Divisi Perencanaan Data Dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah,  Panjitiana saat ditemui diruang kerjanya, Senin sore (29/6/2020). Ia mengatakan tahap pembentukan PPDP telah dimulai sejak tanggal 24 Juni sampai 14 Juli 2020 sesuai PKPU No 05 tahun 2020.

"Saat ini KPU Bateng telah memasuki tahap pembentukan PPDP dan masih berlangsung sampai dengan 14 Juli mendatang," ujar Panjitiana, semua akan diserahkan ke PPS dan PPS meneruskannya ke PPDP.

PPDP sendiri menurut Panjitiana akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang diperoleh dari depdagri (Dirjen Dukcapil) dan Daftar pemilih tetap (dapat) terakhir yaitu pemilu 2019 tahun lalu.

"Untuk Bangka Tengah ada 122.130 daftar pemilih tetap, nantinya data tersebut akan digabungkan sehingga menjadi A-KWK yang nantinya akan kita serahkan ke PPS yang akan diteruskan ke PPDP setelah terbentuk," papar Panjitiana.

Ia melanjutkan setelah terbentuk, PPDP nantinya akan melakukan Coklit serentak mulai dari 15 Juli 2020 hingga tanggal 13 Agustus 2020.

"Namun dalam melakukan Coklit, PPDP harus memperhatikan Protokol kesehatan pencegahan Covid19 yang sudah ditentukan oleh KPU dan kementrian kesehatan, seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD),"tuturnya.

Ia menambahkan sesuai surat edaran, PPDP harus dalam keadaan sehat dalam artian tidak terpapar Virus Covid19, oleh sebab itu sebelum melakukan Coklit mereka akan menjalani Rapid Test terlebih dahulu.

Seluruh personil KPU sendiri sudah melakukan Rapid test beberapa waktu yang lalu mulai dari anggota, sekretariat dan tenaga Pendukung, dan dalam waktu dekat kami akan lakukan Rapid Test petugas Adhoc kami PPK dan PPS juga PPDP sebelum melakukan Coklit.

Anggota PPDP yang terindikasi Positif saat Rapid test akan langsung dilakukan pergantian.

"Sesuai surat edaran, PPDP yang reaktif saat Rapid Test harus diganti menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Mengenai pendaftaran calon, masa kampanye, hari pungut hitung dan penetapan, semuanya masih menunggu PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum)," Pungkas Panjitiana.

KlikBabel.com/ mg-Pramudia Adi Raharjo.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rahayu
Sumber : Klikbabel.com