• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemprov. Babel Berupaya Percepat Pengembangan Lahan Sawah

Minggu, 28 Juni 2020 | 11:22 WIB
pertemuan silaturahmi Gubernur Erzaldi Rosman dengan pihak swasta yang berkeinginan melakukan pengembangan persawahan di Babel yang berlangsung di Ballroom Restoran Gale-gale, Sabtu (27/6/20).
Loading...

KlikBabel. com, PangkalanBaru - Pemprov. Kepulauan Babel berupaya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak swasta guna melakukan percepatan pengembangan lahan persawahan di Babel sehingga dapat mengurangi ketergantungan beras dari luar daerah.

Hal itu dijelaskan dalam pertemuan silaturahmi Gubernur Erzaldi Rosman dengan pihak swasta yang berkeinginan melakukan pengembangan persawahan di Babel yang berlangsung di Ballroom Restoran Gale-gale, Sabtu (27/6/20).

Dalam ramah tamah tersebut, Gubernur Erzaldi berkeinginan memanfaatkan lahan persawahan di Babel. Selain untuk mencukupi kebutuhan dalam daerah, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurut Gubernur Erzaldi, dalam pengembangan persawahan ini, Pemprov. Babel harus melibatkan banyak pihak.

Hal ini juga diakui oleh Kepala Dinas Pertanian Juaidi terkait. Menurutnya, Babel selama ini ketergantungan beras dari luar daerah cukup tinggi mencapai 70 persen, sehingga lahan sawah yang ada harus dimanfaatkan untuk memperkuat ketahanan pangan di Babel.

Untuk menggarap sawah agar berhasil dengan baik, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Saat ini, ada pihak swasta yang ingin melakukannya namun masih dalam penjajakan.
 
"Kita selalu membuka peluang siapun yang ingin berkontribusi untuk meningkatkan ketahanan pangan kita. Lahan sawah di Babel ini masih banyak yang belum dikelola dengan baik, masih banyak yang belum digaral. Yang belum digarap ini yang perlu kita lakukan percepatan," ungkap Kadis Juaidi.

Menurutnya apabila nanti ada pihak yang ingin berkontribusi dalam menggarap lahan ini, mereka bersama petani akan berkolaborasi.

"Nah, para petani ini secara perlahan-lahan akan mengadopsi teknologi pertanian dengan pihak korporasi dan harapannya petani kita bisa mandiri. Target kita bagaimana kita meningkatkan ketahanan pangan kita berupa beras, karena hampir 78 persen beras kita datang dari luar daerah. Oleh sebab itu, Pemprov. Babel akan memanfaatkan peluang yang ada dengan menjalin banyak mitra dengan tujuan yang sama," ungkapnya.
 
Kadis Juaidi mengatakan, selama ini sudah dilakukan sawah sistem korporasi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Untuk itu ke depan akan terus dilakukan lebih luas lagi, mengingat lahan persawahan di Babel mencapai 22.400 hektar.

"Oleh sebab itu, selagi ada pihak yang berkeinginan mengembangkan lahan sawah, kita menerima, karena petani kita terbantu, perekonomian meningkat, ketahanan pangan kita demikian juga," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Erzaldi, mitra kerja Pemprov. Babel, kepala biro pemerintahan, kepala biro hukum, dan kepala dinas pertanian.

Loading...
loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : klikbabel.com

Topik