• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Inovasi Kepala Ayam Menjadi Pakan Ikan

Minggu, 28 Juni 2020 | 14:24 WIB
Proses pembuatan pakan ikan. KlikBabel.com
Loading...

KlikBabel.com, Payung - Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) Payung Mandiri Sejahtera yang mengelola budidaya ikan air tawar khususnya ikan lele mengalami penurunan produksi dari sebelumnya. Tambak Lele yang dikelola oleh masyarakat Kecamatan Payung ini terbilang sangat menjanjikan. Namun kekurangan dana untuk biaya pakan dan lain-lainnya menjadi salah satu faktor penghambat bagi kelancaran produksi sendiri.

"Harga pelet mahal, sedangkan hasil dari penjualan sekarang semakin menurun sangat berbeda dari yang dulu. Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk kelancaran budidaya ikan khususnya ikan lele ini", tutur M. Riyansyah (bujeng) saat ditemui klikbabel.com pada Minggu (28/06/20).

Sempat bingung dengan hasil penjualan yang minim dan harus memberi pakan ikan setiap hari, akhirnya anggota pokdakan ini bersepakat untuk membuat alternatif penghemat pakan dengan memanfaatkan bahan baku kepala ayam.

"Kepala ayam yang didapatkan dari tempat pemotongan ayam kemudian direbus sampai lembut dan dicampurkan dengan pelet ikan", tambah Bujang.

Pakan ini digunakan sebagai makanan alternatif untuk menghemat pakan/ pelet, kemudian dengan mengunakan kepala ayam mengandung banyak protein sehingga pertumbuhan ikan lele lebih cepat dibandingkan dengan memberikan pelet murni.

KlikBabel.com-Reki Suhendri.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rahayu
Sumber : Klikbabel.com