• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ibnu Bersama Kapolres Bateng Tanam 6000 Cemara Laut Pantai Nadi Perlang.

Minggu, 28 Juni 2020 | 17:41 WIB
Cegah meluasnya Abrasi di garis pantai laut Nadi Desa Perlang Kecamatan Lubukbesar, Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu saleh bersama Polres Bateng
Loading...

KlikBabel.com, LubukBesar - Cegah meluasnya Abrasi di garis pantai laut Nadi Desa Perlang Kecamatan Lubukbesar, Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu saleh bersama Polres Bateng, Kelompok Tani (Poktan) Makmur Jaya Perlang (MJP), Millenial Bangka Tengah Keadilan (MBK) tanam 6000 pohon Cemara Laut.

Dalam sambutannya Bupati Bateng, H Ibnu saleh berharap 6000 pohon cemara laut di tanam ini tumbuh subur, masyarakat setempatpun diminta berpartisipasi menjaga apa yang telah di tanam bersama sekarang ini.

"Cemara lautnya subur, abrasi di garis pantai laut Nadi Desa Perlangpun tidak akan meluas," harap Bupati Ibnu, Minggu (28/6).

Bupati Ibnu juga mengucapkan terimakasih kepada Poktan MJP, Polres Bateng, MBK, Pemerintahan Desa Perlang dan Pemuda setempat atas partisipasinya menjaga lingkungan hidup, dengan menanam pohon cemara laut. Iapun mempersilakan Kelompok masyarakat yang ingin menanam cemara laut silakan mengajukan proposal bantuan bibit Cemara laut ke Pemda Bateng.

"Mari kita jaga laut kita dari Abrasi bersama-sama, dengan menanam cemara laut sesuai kebutuhan," imbaunya.

Tidak jauh berbeda juga dikatakan Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady purnomo bahwa salah satu program Polres Bateng yakni pengayoman masyarakat. Salah satu Implementasinya, Polri mengajak seluruh elemen masyarakat Bateng menjaga lingkungan hidup agar tetap asri.

"Kegiatan hari ini menanam Pohon suatu hal positif. Selain menjaga keasrian lingkungan, oksigen dari pohon merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup di dunia," ulas AKBP Slamet ady purnomo.

AKBP Slamet ady purnomo mengapresiasi kerjasama yang baik lintas sektor, karena semua pihak berperan aktif termasuk masyarakat terutama pemudanya. 

"Hari ini kami lihat ada Pak Bupatinya, Pak Camat, Pak Kades, Kelompok petani, unsur Pemuda di bawa naungan MBK serta dari kami Polri menyamakan misi menjaga lingkungan hidup. Ya, kami harapkan kedepan kegiatan positif ini harus di laksanakan terus menerus, sehingga tujuan menjaga keasrian lingkungan hidup benar-benar tercapai," ulasnya.

Ketua MBK, Dairi  mengatakan salah satu program MBK yakni menjaga lingkungan hidup, menanam pohon merupakan aktifitas rutin pihaknya.

"Dalam bulan ini kita sudah menanam 1000 bibit buah, seperti rambutan, sirsak dan cempedak. Kegiatan penanaman pohon buah selama ini melibatkan pihak Polri, Pemda Bateng bersama Koptan serta Pemerintahan Desa/Kelurahan setempat. Kami ingin menjaga lingkungan hidup dengan menggandeng intansi terkait lainnya, karena dalam membangun Sumber Daya Alam harus dilakukan bersama-sama," ungkap Dairi.

"Kita ketahui bahwa Abrasi pantai setiap tahun kian menjadi, penanaman pohon cemara laut hari ini merupakan suatu sikap yang tepat mengurangi semakin parahnya terjadi abrasi tersebut," ungkap Yadi.

Melihat kompaknya kegiatan penanaman 6000 Pohon Cemara Laut di Pantai Nadi Desa Perlang membuat bangga masyarakat setempat",ungkap Ketua Poktan MJP, H Sukiman alias Akok. 

Akok berjanji akan mengajak masyarakat Desa Perlang untuk menjaga dan merawat tanaman cemara laut di sepanjang pantai Nadi Desa Perlang. Ia juga akan mengimbau warga untuk tidak menebang pohon di sepanjang garis pantai Desa Perlang.

"Pepohonan di garis pantai fungsinya banyak sekali, selain mencegah abrasi juga menjadi sumber oksigen mahluk hidup. Kedepan kami akan mengimbau warga agar tidak menebang pohon sembarangan, terutama di pinggir pantai," ungkap Akok. (Ilham f.k/Kb)

Loading...
loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Amanda
Sumber : KlikBabel.com