• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Investor Malaysia Tertarik Potensi Perikanan dan Kelautan di Bateng

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:24 WIB
Suasana Pertemuan Dinas Perikanan Kabupaten Bateng dengan investor dari Malaysia
Loading...

KlikBabel.com, Koba - Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kedatangan tamu yang merupakan investor dari Malaysia, Selasa (23/06/2020), bertempat di Kantor Dinas Perikanan Bateng.

Diterima langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, S.P, MM., didampingi Sekretaris Dinas beserta staf, investor Malaysia yang berkunjung merupakan perwakilan cabang di Jakarta. Kedatangan investor tersebut dalam rangka koordinasi untuk berinvestasi di sektor perikanan dan kelautan, juga dengan usaha pertanian yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam pertemuan ini Dinas Perikanan menyampaikan beberapa hal yang dapat dikembangkan di Kabupaten Bateng khususnya sektor perikanan dan kelautan.

“Potensi pertama yang bisa dikembangkan adalah pembudidayaan udang, kemudian di Bateng juga tersedia banyak ikan yang bernilai ekonomis rendah tapi potensial untuk diolah,” ujar Taufik dalam pemaparannya kepada investor.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, ikan bernilai ekonomis rendah tersebut bisa diolah kembali menjadi tepung ikan, dikembangkan dan diproduksi sebagai campuran makanan ikan (pelet) atau kegiatan produksi yang lainnya.

Ia juga memaparkan terkait dengan maraknya olahan ikan di Bateng seperti kerupuk, kemplang, ampiang, ataupun olahan makanan ringan berbahan dasar hasil laut yang lainnya, Dinas Perikanan Kabupaten Bateng juga berencana  mengembangkan masakan khas Bangka, yakni olahan Lempah Kuning Ikan dalam kaleng. Ke depannya inovasi kuliner ini akan dikembangkan sebagai produk hasil UMKM sehingga bisa menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan maupun alternatif makanan praktis dan bergizi bagi masyarakat.

Pengadaan cold storage dan pelabuhan perikanan juga merupakan potensi yang masih bisa dikembangkan lebih luas di Kabupaten Bateng. Memiliki 4.000 nelayan se-Bateng, ada beberapa TPI yang masih membutuhkan dermaga yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bongkar muat ataupun pelabuhan perikanan sehingga nantinya kegiatan operasional penangkapan ikan menjadi lebih mudah.

Ketersediaan pabrik es yang masih belum mencukupi, diakui Taufik sebagai salah satu peluang bagi investor.

“Nelayan masih membutuhkan es yang banyak, selama ini nelayan masih mengambilnya dari luar Bateng karena Bateng belum bisa memenuhi kebutuhan nelayan akan es saat melaut,” paparnya.

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., juga sudah bertemu dengan para investor. Selain menyambut baik tujuan mereka (investor-red) untuk mengembangkan potensi perikanan dan kelautan serta kegiatan pertanian di Bateng, Ia berharap kedepannya banyak sektor-sektor yang bisa dikembangkan di Bateng. Paling tidak bisa menambah lapangan pekerjaan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bateng. Di kemudian hari, hal ini bisa menjadi peluang dan akan menjadi salah satu usaha untuk mengembangkan sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Bangka Tengah

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : M. Rafli
Sumber : klikbabel.com