• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ingin Mencoba Meditasi? Mulailah dengan 4 Pose Meditasi yang Mudah

Minggu, 21 Juni 2020 | 17:07 WIB
Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)

KlikBabel.com, Jakarta - Meditasi merupakan salah satu latihan penting dalam menjaga keseimbangan diri dan kesehatan mental. Latihan ini juga bisa menjernihkan pikiran, serta menyehatkan tubuh dan jiwa.

Rutin melakukan meditasi akan membuat Anda lebih positif dalam menjalani hidup. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meluangkan waktu bermeditasi setiap hari.

Apabila Anda tertarik untuk melakukannya, ada empat pose meditasi  mudah yang bisa membantu. Dikutip dari Times of India, berikut adalah 4 pose meditasi awal yang bisa Anda coba:

1. Posisi duduk dasar

Mulailah dengan posisi duduk dasar, yakni duduk di lantai dengan kaki menyilang. Posisi ini menyatukan kita dengan tanah, gravitasi, dan menyeimbangkan fokus kita agar terbebas dari segala gangguan.

Temukan tempat yang nyaman untuk duduk, bisa gunakan bantal untuk membantu membuat Anda nyaman. Letakkan tangan di paha atau di lutut, tegakkan punggung, dan disarankan untuk menutup mata.

2. Meditasi berjalan

Meditasi tak hanya duduk, namun juga bisa dilakukan dengan cara lain. Berjalan kaki misalnya, sangat mudah dilakukan bagi pemula.

Cukup unik untuk melakukannya, meditasi berjalan bisa mengurangi ketegangan di bahu dan otot lainnya. Pastikan saat berjalan punggung tegap dan berdirilah dengan tegak.

Kenali napas Anda, latih diri Anda untuk lebih sadar dan fokus akan tiap langkah dan napas yang Anda ambil. Meditasi ini juga baik untuk melawan rasa cemas dan menghilangan pikiran negatif.

3. Meditasi berlutut atau bersimpuh

Selain duduk bersila, Anda juga bisa mencoba meditasi dengan bersimpuh atau duduk seperti orang Jepang. Posisi duduk ini baik untuk menegakkan tulang punggung dan jadi pose mudah untuk dicoba pemula.

Duduk bersimpuh di lantai, pastikan tumpuan berat berada di pinggang Anda dan tak seluruhnya berada di lutut.

4. Duduk di kursi

Bagi pemula, memulai meditasi bisa di mana saja, termasuk duduk di kursi. Sehingga hal ini memudahkan Anda untuk bisa melakukannya saat istirahat kerja.

Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga punggung agar duduk terasa lebih nyaman.

loading...


Penulis  : -
Editor    : Amanda
Sumber : suara.com