• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


GTPPC-19 Babel, 551 Sampel Swab Wilayah Babel Masih Dalam Proses Pemeriksaan

Minggu, 07 Juni 2020 | 16:45 WIB
Ilustrasi, Sampel covid-19 Pemeriksaan Swab di Wilayah Bangka Belitung

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Hingga saat ini kompilasi jumlah spesimen sampel swab yang diperiksa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkait Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebanyak 1.018, dengan sampel Positif: 102, sampel negatif: 365, dan yang masih dalam proses pemeriksaan: 551.

Banyaknya antrean sampel yang belum ada hasil ini, menurut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Babel, Mulyono Susanto, memang sedang dalam proses pemeriksaan.

"Hasilnya bukan belum muncul, tapi sebagian sudah dikirim ke Kemenkes, misalnya ada data yang tidak dapat dikeluarkan hasilnya atau tidak terbaca, dikirimkan ke Kemenkes nanti ada hasilnya, tidak berarti kita biarkan," tukasnya, Minggu (7/6/2020).

Karenanya, kata dia, hasilnya masih belum keluar dan masih menunggu hasil tersebut. Tak hanya itu, dari ratusan sampel itu, sebagian juga merupakan sampel swab lanjutan pasien positif.

Sementara itu, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, mengatakan, jumlah sampel yang masih dalam proses hari ini meningkat dibandingkan kemarin, dimana per 7 Juni 2020, jumlah sampel dalam proses pemeriksaan 551 sampel, kemarin 514 sampel.

Sedangkan, hasil pemeriksaan 7 Juni 2020, dari UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung: 64 (kemarin 96).

Laboratorium Biologi Molekuler Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang: 28 (kemarin 102). Laboratorium Biomedis RSUD dr H Marsidi Judono: 16.

"Dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang dan Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, kami tidak menerima hasil hari ini," pungkasnya.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : Amanda
Sumber : klikbabel.com