• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


5 Masalah Kesehatan Paling Ditanyakan Lewat Telemedicine Selama Ramadan

Kamis, 21 Mei 2020 | 18:58 WIB
Ilustrasi e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]
Loading...

KlikBabel.com, Jakarta - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat sebagian besar pasien diimbau untuk tidak pergi ke rumah sakit kecuali untuk keadaan darurat.

 

Sebagai alternatif, telemidicine menjadi cara untuk pasien berkonsultasi terkait dengan keluhan yang dirasakannya.

Terlebih pada saat Ramadan, perubahan pola hidup kerap menimbulkan gangguna yang sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat.

Dikutip dari dari siaran pers Good Doctor, Kamis (21/5/2020), berikut ini masalah kesehatan dan pertanyaan yang paling sering ditanyakan selama Ramadan:

1. Dispepsia

Menurut mitra dokter dari Good Doctor Technology Indonesia, dr Elizabeth Clarissa, dispepsia, atau juga dikenal sebagai gangguan pencernaan, adalah ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian perut atas.

 

Istilah ini mengacu pada sekelompok gejala seperti kembung, perut terasa tidak nyaman, mual, dan bersendawa.

Mengingat bahwa dalam sebagian besar kasus, gangguan pencernaan berkaitan dengan makan atau minum maka tidak heran jika keluhan ini paling umum dikonsultasikan selama Ramadan.

Perlu diketahui bahwa dispepsia juga dapat dipicu pikiran yang stres atau kecemasan. Kemungkinan kecemasan dalam situasi pandemik Covid-19 dalam bulan puasa kali ini pun menjadi faktor meningkatnya kondisi ini.

Good Doctor mencatat bahwa 10 persen konsultasi yang dilakukan di aplikasi membahas topik seputar dispepsia.

2. Gangguan Kulit

Sebanyak 9 persen topik konsultasi di Good Doctor membahas mengenai gangguan kulit. Dr Elizabeth Clarissa mengatakan bahwa masalah kesehatan tidak hanya terbatas dengan ketidaknyamanan internal, tapi termasuk juga masalah kulit topikal.

Gangguan kulit juga bisa mencerminkan masalah kesehatan internal, oleh karena itu masalah kulit seperti kulit kering, berjerawat, dan sensitif dapat terjadi karena pola makan dan tidur yang kurang baik.

3. Tips Berpuasa untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Topik seputar wanita hamil dan menyusui selama bulan puasa menduduki peringkat ke-3 sebagai topik yang paling banyak ditanyakan di aplikasi

GrabHealth powered by Good Doctor dengan jumlah sebanyak 7 persen.

 

4. Pegal-pegal dan nyeri kepala

Pegal-pegal dan nyeri kepala merupakan kondisi yang sering dialami oleh masyarakat umum, dan selama Ramadan, pola tidur dan aktivitas fisik yang tidak teratur banyak menyebabkan keluhan ini.

Ada sebanyak 5 persen konsultasi yang dilakukan di aplikasi membahas topik seputar pegal-pegal dan nyeri kepala ini.

5. Pola Makan Baik Saat Puasa

 

Gejala sakit dan masalah kesehatan dapat dihindari dengan adanya perubahan tata cara makan pada bulan puasa, sebanyak 5 persen konsultasi di GrabHealth powered by Good Doctor membahas mengenai pola makan yang baik agar puasa berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah kesehatan.

Namun perlu dicatat juga, kelima keluhan tersebut juga wajar Anda alami bahkan di luar bulan puasa.

Oleh karena itu Anda tetap perlu waspada dalam menjaga pola makan dan mengikuti anjuran dari dokter jika terjadi keluhan.

 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Anggun
Sumber : suara.com