• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sidang Isbat Nikah Bateng 2020 Digelar Sesuai Prosedur WHO

Selasa, 12 Mei 2020 | 18:50 WIB
Calon pengantin saat mengikuti sidang isbat nikah Bangka Tengah. Foto : Pramudia/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Suasana berbeda terlihat pada sidang Isbat Nikah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tahun 2020. Sebab pelaksanaannya di tengah Pandemi Virus Corona (Covid19), maka pelaksanaannya disesuaikan dengan prosedur yang ditetapkan WHO.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Bateng, Zulhasnan membenarkan bahwa pihaknya melaksanakan Sidang Isbat nikah mengikuti prosedur WHO. Semua peserta Calon pengantin (Catin) diwajibkan menggunakan masker, kemudian mencuci tangan dan di cek suhu tubuh sebelum masuk ruangan sidang isbat nikah.

"Pola Social Distancing juga dilakukan. Antara calon pengantin dan saksi nikah serta hakim berjarak minimal 1 meter," kata Zulhasnan, Selasa (12/5). Zulhasnan menerangkan jumlah pasangan catin yang mengikuti sidang Isbat nikah tahun 2020 sebanyak 160 pasangan. Pelaksanaannya dilakukan selama 5 hari, mulai hari selasa (12/5/2020) hingga Jum'at (15/5/2020) kemudian dilanjutkan di hari senin (18/5/2020). Biaya sidang ditanggung oleh Pemerintah kabupaten Bangka tengah melalui Disdukcapil Bangka tengah.

"Dalam kegiatan ini, Hakim Pengadilan Agama Sungailiat datang ke Bateng dengan sebaran tempat sidang berada di Gedung Serbaguna Kecamatan Lubuk Besar, Simpangkatis, Sungaiselan, Pangkalanbaru, Namang dan Gedung Dindukcapil Bateng. Tempat sidang tersebar di 6 Kecamatan, bertujuan memperdekat jarak tempuh catin saat bersidang," ulas Zulhasnan.

Zulhasnan menyebut bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Bupati Bateng, H Ibnu saleh bertujuan mensejahterakan masyarakat di bidang administrasi kependudukan. Kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun dan akan dianggarkan dalam APBD Bateng karena dianggap sangat bermanfaat.

"Perlu kita ketahui bahwa Buku nikah merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting, terutama dalam pembuatan akte lahir anak, hingga syarat untuk menunaikan ibadah haji dan umroh," ungkap Zulhasnan sembari berharap apa yang dilaksanakan ini bermanfaat untuk masyarakat Bateng. "Bagi mereka yang berencana mengikuti sidang Isbat nikah kedepan silakan berkonsultasi ke Dindukcapil Bateng," imbaunya.

Mahzab, Salah seorang peserta sidang Isbat nikah berterimakasih kepada Bupati Ibnu yang telah memprogramkan kegiatan ini. Ia mengungkapkan Sidang isbat nikah sangat membantunya terutama dalam perubahan akte lahir anak yang sebelumnya tertera hanya nama ibu sebagai orang tua akan dicantumkan juga nama ayahnya.

"Saya kemarin harus nikah dibawah tangan, karena kurangnya pemahaman akan pentingnya surat nikah resmi dari Negara. Alhamdulillah, saya sudah paham bahwa surat nikah resmi ini penting, terimakaaih telah memperhatikan masyarakat Bateng," ungkap Mauzan (mg/ Pramudia Adi Raharjo)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com