• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Safari Ramadan 1441 H, Bupati Bangka Tengah Borong Cabai

Jumat, 08 Mei 2020 | 14:48 WIB
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menunjukkan cabai merah besar yang diborong dan dibagikan ke masyarakat. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Simpangkatis - Bupati Bangka Tengah H Ibnu Shaleh memborong habis Cabai Merah Besar (CMB) Tanjung II milik Petani Desa Teru. Kemudian, cabai besar itu dibagikan ke warga saat melakukan safari ramadan ke tiga Desa Kecamatan Simpangkatis.

Klik Juga : Gara-gara Pohon Dipangkas, Walikota Pangkalpinang Marah Besar dengan PLN

Dalam kegiatan safari ramadannya, Bupati Ibnu juga membagikan sembako yang diberikan kepada ratusan warga kurang mampu Desa Teru, Terak dan Pasir Garam. Bagi Bupati Ibnu, panen cabai di Ramadan memiliki kesan tersendiri untuk dinikmati.

"Kemarin itu saya menuju Kecamatan Simpangkatis. Tiba di Desa Teru mendengar kabar ada petani binaan Pemkab Bateng sedang panen CMB Tanjung II, akhirnya sayapun singgah untuk ikut panen," kata Bupati Ibnu, Jumat (8/5/2020).

Bupati pun memborong CMB Tanjung II tersebut untuk kembali dibagikan kepada ratusan masyarakat kurang mampu. "Sambil membagikan sembako dan bantuan lainnya, sekalian kita berikan juga cabai-cabai yang telah di panen sebelumnya," ungkap Bupati Ibnu.

Bupati Ibnu memberikan apresiasi kepada petani cabai atas keberhasilannya menanam cabai di Bateng. Bahkan cabai besar asal Bateng sudah di pasarkan ke Pulau Belitung dan Jakarta. "Sebuah kebanggaan tersendiri, sektor pertanian kita sudah berhasil dan bisa dinikmati oleh masyarakat di Jakarta dan Pulau Belitung. Hal ini harus menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya, bahwa sektor pertanian juga menjanjikan saat ini," pungkasnya.

Terpisah Kades Teru, Suharli membenarkan bahwa Bupati Ibnu memborong cabainya sebanyak 200 Kg. Cabai tersebut dibagikan oleh bupati kepada ratusan masyarakat kurang mampu saat acara Safari Ramadan 1441 H di tiga Desa Kecamatan Simpang Katis.

"Kebetulan yang bertani itu saya sendiri bersama kawan petani lainnya. Bibit CMB Tanjung II didapat setelah kami melakukan kunjungan ke Bandung tahun 2019 lalu," ungkapya.

Suharli menyebut CMB Tanjung II sangat cocok di tanah Bangka Tengah, iapun sudah menyiapkan bibit untuk masyarakat yang berminat menanamnya. "Kalau untuk harga silakan datang ke Desa Teru. Khusus harga CMB Tanjung II saat ini berkisar Rp.25 ribu/kg. Saat ini harganya memang turun pengaruh pandemi Virus Corona (Covid19). Biasanya CMB Tanjung II ini di jual ke pasar Swalayan, restoran, Supermarket dan hotel-hotel, karena kualitas CMB Tanjung II ini sangat bagus sebagai bagian dari bumbu masakan," ungkapnya.(mg/ Pramudia Adi Raharjo)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com