• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


1.900 UKM Belitung Timur Terdampak Covid-19

Rabu, 06 Mei 2020 | 13:33 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Manggar - Sebanyak 1.900 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Belitung Timur kini terdampak Covid-19. Hal ini berdasar data Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (DTKKUKM) Kabupaten Beltim.

Klik Juga : PWNU Babel Apresiasi Kepedulian PT Timah

“Untuk tenaga kerja yang terdampak, baik yang di PHK maupun yang dirumahkan, kita di daerah hanya dimintakan data oleh pihak kementerian melalui provinsi dan itu sudah kita sampaikan. Ini masih menunggu kelanjutannya seperti apa dari kementerian, apakah akan dapat stimulan atau bentuknya apa. Begitu juga UKM yang terdampak Covid-19 sudah kita sampaikan yakni berkisar 1.900 UKM,” jelas Erna, Rabu (6/5).

Dari UKM ini yang sudah dapat kartu pra kerja ada 27 UKM dan bertahap akan diberikan kepada penerima yang telah memenuhi syarat-syarat atau lolos verifikasi untuk mendapatkan kartu prakerja. Walaupun ada yang belum memberikannya secara fisik, namun kartu ini bisa diakses melalui online dan dimanfaatkan.

Kartu prakerja ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Manfaat Kartu Prakerja ini, para pekerja akan mendapat insentif dan bantuan beberapa pelatihan.

Menurut Erna, masyarakat yang berada pada kelompok 25 persen ekonomi terbawah juga akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat lewat Kartu Sembako dan Kartu Program Keluarga harapan (PKH). “Kelompok ini merupakan kelompok rawan miskin karena Covid dan mereka yang jadi pengangguran akan dibantu Kartu Prakerja,” ujar Erna.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : belitungtimurkab.go.id