• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ramadan Hitung Jam, Molen Imbau Masyarakat Shalat Tarawih di Rumah

Kamis, 23 April 2020 | 17:31 WIB
Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau Molen. Foto : Cepi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Ramadan tahun ini tentunya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, bulan ramadan yang tinggal menghitung jam ini kita dihadapkan dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang tentunya membuat kita tidak dapat melaksanakan ibadah di masjid.

Hal serupa juga terjadi di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Dimana masyarakat Kota Pangkalpinang diimbau agar melaksanakan shalat tarawih di rumah saja guna untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Demikian yang diungkapkan Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen, Kamis (23/4/2020).

"Melihat kondisi kita yang seperti ini sebaiknya kita lakukan dirumah saja. Hal ini juga sesuai dengan arahan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat bahwa kita dalam pelaksanaan beribadah di bulan suci ramadan tetap tidak dianjurkan untuk bersama-sama atau beramai-ramai, di rumah saja semuanya," ujar Molen.

Hal ini diakui Molen karena sudah menjadi keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang bersama Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang serta tokoh agama.

"Sebelumnya juga kita telah menyepakati pelaksanaan ibadah shalat lima waktu diimbau dilakukan di rumah, termasuk juga shalat Jumat," jelasnya.

Meskipun demikian, dirinya juga memaklumi jika masih ada masyarakat yang masih ingin melakukan salat jamaah di masjid.

Berdasarkan fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 dengan ketentuan hukum nomor 3 Orang yang sehat dan yang belum diketahui atau diyakini tidak terpapar Covid-19,  jika berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat dzuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya.(mg/cepi)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com