• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Ketua PHRI Pangkalpinang ; Kalau Berlanjut Sampai Mei Semua Hotel Bisa Tutup

Kamis, 09 April 2020 | 20:34 WIB
Ketua PHRI Pangkalpinang Sumiati. Foto : Cepi/klikbabel.com
Loading...
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dampak Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) yang membuat ekonomi masyarakat semakin loyo, turut juga menyasar ke sektor pariwisata terutama bagi pelaku usaha perhotelan dan restoran.

Klik Juga : Rapid Test Kedua Kali, Menantu Almarhum Pendeta asal Toboali Positif Corona

Di Kota Pangkalpinang sendiri sudah ada beberapa hotel dan rumah makan yang tutup sementara diakibatkan pandemi Covid-19 ini. Demikian yang diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Sumiati kepada Klikbabel.com, Kamis (9/4/2020).

"Karena tidak ada lagi aktivitas, adanya pengurangan jadwal pesawat kemudian juga perjalanan dinas dilarang, tidak ada kegiatan yang dilakukan di perhotelan jadi untuk beberapa hotel memutuskan untuk menutup sementara," ujar Sumiati.

Sumiati menuturkan, dampak yang ditimbulkan dari penyebaran Covid-19 ini dirasakan sangat drastis bagi pelaku usaha hotel dan restoran terutama bagi karyawan. Dirinya menyebutkan dibeberapa hotel yang masih beroperasi saat ini hanya ada lima sampai enam kamar saja yang dipesan dalam satu bulan.

"Beberapa hotel yang masih buka tamunya tidak banyak. Kalau dibandingkan secara operasional kesehariannya itu tidak tercover sama sekali. Dengan jumlah income (pendapatan-red) yang saat ini tidak tercover untuk membayar gaji karyawan dan biaya-biaya operasional hotel dan lain-lain," jelasnya.

Selain itu untuk restoran sendiri juga mengalami hal yang sama dengan mengurangi jam kerjanya, sedangkan untuk meningkatkan pendapatannya para pelaku usaha restoran melayani take away diatas jam 20.00 WIB karena ini merupakan kebijakan dari Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Melihat perkembangannya untuk April ini memang belum ada perubahan tidak menutup kemungkinan kalau ini masih berlanjut sampai Mei semua hotel di Pangkalpinang saya rasa akan tutup karena tidak seimbangnya antara income dan operasional yang harus dibayar per bulannya," tandasnya.(mg/cepi)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com