• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pangkalpinang Butuh 2.000 Rapid Test, Tersedia Hanya 200 Buah

Rabu, 01 April 2020 | 09:23 WIB
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim saat diwawancarai wartawan. Foto : Cepi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kota Pangkalpinang yang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) setidaknya membutuhkan 2000 buah alat rapid test guna untuk memastikan keadaan masyarakat aman dari penyebaran virys Covid-19.

Klik Juga : Berulah saat Lockdown, Man United Patut Mencemaskan Attitude Jack Grealish

Demikian yang diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim, Rabu (1/4/2020). Masagus Hakim menuturkan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang hanya mendapatkan sekitar 200 buah alat rapid test dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

"Rapid test ini diprioritaskan kepada pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan), tenaga medis dan petugas pelayanan publik. Karena mereka ini kan merupakan orang yang sering bersentuhan langsung dengan banyak orang," jelasnya.

Ia menjelaskan, pengecekan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan skala prioritas sehingga petugas tersebut tidak akan menularkan ke banyak orang saat melakukan pelayanan. "Kita antisipasi dahulu, kalau sudah rapid test, lalu misalnya ada yang positif kita akan langsung lakukan perawatan dan kita dihindarkan sementara dari banyak orang," tandasnya.

Sambungnya, pihaknya saat ini akan terus berkonsultasi ke spesialis yang paham mengenai pemakainan alat rapid test tersebut. "ODP kita sudah ada 95 orang yang melapor. Sedangkan yang tidak melapor kita tidak tahu. Jadi memang kita butuh banyak," pungkasnya.(mg/cepi)

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com