• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Untuk Muslim Pangkalpinang : Shalat Jumat Diganti Dzuhur di Rumah

Kamis, 26 Maret 2020 | 21:19 WIB
Rapat koordinasi yang digelar Pemkot Pangkalpinang. Foto : Cepi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Kota Pangkalpinang meniadakan Sholat Jumat dan diganti dengan Sholat Dzuhur di rumah masing-masing. Hal ini menjadi kesepakatan antara Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama Kota Pangkalpinang serta sejumlah Ormas Islam, Kamis (26/3/2020).

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengatakan, berdasarkan kesepakatan yang diambil bersama untuk sementara pelaksanaan Shalat Jumat digantikan dengan Shalat Dzuhur di rumah masing-masing. "Untuk shalat lima waktu berjamaah dilakukan di rumah masing-masing," ujar Molen.

Molen juga menuturkan, hal ini merupakan imbauan semata, namun bagi masyarakat yang masih ingin melakukan salat jamaah di masjid pihaknya tidak akan melarang. "Saya juga akan membuat surat edaran terkait shalat jamaah di masjid untuk ditiadakan, ini sebagai upaya melindungi masyarakat Pangkalpinang untuk mengurangi aktivitas keramaian," jelasnya.

Molen memaparkan, pihaknya belum menentukan sampai kapan hal ini diberlakukan karena berdasarkan kesepakatan bersama ulama dan umaro yang tentunya mempunyai dalil yang harus dihormati. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang Abdul Rohim mengatakan, hal ini berdasarkan negara Saudi Arabia dan Mesir yang terlebih dahulu sudah melaksanakan salat dari rumah dan meniadakan jamaah di masjid.

"Memang berjamaah itu adalah perintah Allah, tetapi menjaga keselamatan itu wajib dari pada itu. Oleh karena itu ini bagian tawakal kita ke Allah SWT. Namun kalau kita menyakini ini takdir dan tidak berikhtiar, itu namanya mati konyol," pungkasnya.(mg/cepi)

 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com