• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Imbas Corona, Bisnis Jasa Transportasi di Babel Turun 90 Persen

Kamis, 26 Maret 2020 | 08:43 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Jasa transportasi Bangka Belitung mengalami penurunan hingga 90 persen. Hal ini dampak dari penutupan sementara sejumlah objek wisata di banyak daerah di Indonesia akibat dari Covid-19.

Ketua Organisasi Pengusaha Rentcar Bangka Belitung (Asper-Babel), Saudi menuturkan, berdasarkan informasi dari anggotanya hingga saat ini rata-rata penurunannya antara 80-90%, termasuk dari kota lain.

“Kebanyakan tamu cancel (batal). Selain itu ada beberapa kantor dan instansi yang menerapkan work from home, sehingga juga berdampak ke bisnis transportasi. Perjalanan dinas juga sudah di setop," ujar Saudi, Kamis (26/3).

Salah satu biro perjalanan wisata Babel, Ari, mengungkapkan Pihaknya tetap mendukung upaya pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus COVID-19. Namun, pihaknya juga meminta regulator dalam hal ini Pemerintah, BI dan OJK untuk mengambil kebijakan keringanan bagi pengusaha sektor transportasi, khususnya pengusaha rental mobil di Indonesia.

“KLB Corona ini jelas mengancam keberlangsungan usaha kami dibidang rental kendaraan karena sepinya order. Sementara kewajiban angsuran ke bank dan leasing tetap berlaku sebagaimana mestinya,” ujar Ari.

Untuk itu Asper Babel meminta agar regulator memfasiltasi Keringanan Penundaan (re-schedule) pembayaran angsuran bank, leasing bagi pengusaha rental kendaraan di seluruh Indonesia selama masa KLB. Kemudian penghapusan bunga denda pada masa penundaan serta menghapus Pajak Penghasilan (pph) bagi perusahaan rental kendaraan selama masa KLB.

"Sejauh ini pihak OJK n Presiden telah menyampaikan janji yang senada dengan usulan kami. Sayangnya implementasi dari janji tersebut masih belum dilaksanakan oleh pihak bank dan leasing, khususnya yang ada di Babel," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : rilis