• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Agar UMKM Tidak Gulung Tikar Karena Corona, Pemkot Lakukan Ini

Kamis, 26 Maret 2020 | 17:46 WIB
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Kota Pangkalpinang, Agus Fendi. Foto : Cepi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Tak ada yang mengira sepertinya, wabah yang bermula dari Wuhan, China, akan sedemikian cepat menyebar ke seluruh dunia yang sebarannya tak pandang bulu. Dari negara yang dibilang maju sampai yang belum maju. Saat ini virus Corona (Covid-19) turut mencekik dunia usaha, termasuk juga di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti restoran, kafe, apalagi bagi pedagang kaki lima.

Klik Juga : Bandara Babel Bisa Ditutup Asal.....

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag), Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang, Agus Fendi mengatakan, guna menanggapi hal tersebut pihaknya telah menyarankan kepada para pelaku usaha untuk mempromosikan dagangan mereka melalui daring (Online) agar tidak gulung tikar.

"Untuk pelaku UMKM misalnya mempromosikan usaha mereka melalui pola online dengan cara memberikan nomor kontak telepon, sehingga masyarakat dapat berkomunikasi dengan pedagang," ujar Agus Fendi, Kamis (26/3/2020).

Lanjutnya, Agus juga menjelaskan hal ini dirinya ambil karena sesuai dengan protokol kesehatan yang diarahkan oleh pemerintah pusat seperti menjaga jarak, menghindari keramaian serta dianjurkan untuk berada dirumah. "Kami juga telah menyampaikan kepada para pedagang yang berminat untuk memberikan nomor kontaknya kepada kami, nanti akan kami sampaikan kepada masyarakat," jelasnya.

Selain itu Agus menerangkan, sejauh ini belum ada keluhan yang disampaikan oleh para pelaku usaha kepada pihaknya terkait di batasinya jam operasional pelaku UMKM. "Pemerintah Kota saat ini sudah meminta data para pelaku usaha yang rentan sosial terkait Covid-19. Jangan sampai nanti omset mereka bisa turun dan sekaligus tutup," pungkasnya.(mg/cepi)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com