• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ilmuwan di Balik Film Contagion Terjangkit Covid-19

Rabu, 25 Maret 2020 | 14:31 WIB
Layanan drive thru tes covid-19 di AS. (Anadolu Agency)
Loading...

KlikBabel.com, Amerika - Ilmuwan di balik Film Contagion Mengaku TerjangkitCovid-19Ian Lipkin, salah satu pakar penyakit menular terkemuka di dunia yang juga pernah terlibat dalam pembuatan film Contagion - yang banyak disebut mirip dengan wabah Covid-19 saat ini - mengumumkan telah terinfeksi virus corona baru, Sars-Cov-2.

Lipkin, yang menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Penyakit Menular dan Imunitas di Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu sumber informasi terpercaya soal Covid-19 di AS.

Ia juga menjadi konsultan dalam pembuatan film Contagion yang rilis pada 2011 lalu. Film yang dibintangi Gywneth Patrol dan Matt Damonn itu berkisah tentang virus misterius mematikan yang mewabah di Bumi.

"Dalam acara malam ini saya ingin mengatakan bahwa wabah ini sudah menjadi masalah pribadi bagi saya. Karena saya sejak kemarin sudah terinfeksi Covid-19. Sangat menyedihkan," kata dia dalam sebuah wawancara jarak jauh dengan Fox Business News, Selasa (24/3/2020).

"Jika saya saja bisa tertular, maka apa lagi semua orang. Virus ini bisa ditemukan di seluruh Amerika Serikat," lanjut dia.

Sebagai salah satu pakar penyakit menular di dunia, Lipkin pada Januari lalu pergi ke China untuk membantu Beijing mengatasi penyebaran Covid-19. Ia sebelumnya juga ikut membantu penanganan virus West Nile yang menular lewat nyamuk dan SARS yang juga disebabkan oleh virus corona.

Per Rabu, jumlah kasus Covid-19 di dunia sudah melewati 400.000, sementara AS sendiri sudah mencatat lebih dari 44.000 kasus, dengan korban jiwa melampaui angka 544. [USA Today/South China Morning Post]

 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : anggun
Sumber : suara.com