• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pengembangan Durian Jadi Salah Satu Program Andalan Dinas Pertanian Basel

Selasa, 24 Maret 2020 | 19:33 WIB
ilustrasi bibit durian. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memiliki banyak program-program andalan pada tahun 2020 ini. Seperti pengembangan tanaman durian. Kemudian Bawang merah, mangga, cabai merah, padi sawah, padi ladang, padi rawa, jagung pipil, sorgum, desa mandiri benih, dan pestisida yang berada di bawah bidang tanaman pangan dan hortikultura.

 

"Program tadi disupport melalui dana dari APBN APBD I, dan APBD II. Begitu juga pada tahun 2021, banyak program andalan yang akan dilaksanakan," ujar Kepala DPPP Basel Suhadi, Selasa (24/3).

Diantaranya budidaya padi sawah dan padi lahan kering, jagung, kedelai kacang hijau, kacang tanah, ubi kayu dan power threser. Kemudian mouster tester, peningkatan produksi sayuran dan tanaman obat. "Ada juga perluasan cabai merah, jeruk, manga, durian, nanas, cultivator, perpipaan, dan desa mandiri benih. Bidang perkebunan juga tak kalah banyak program andalan," tambah Suhadi.

Diantaranya rehabilitasi lada, intensifikasi lada, pasca panen dan lanjutan dari program Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT). Sama halnya pada bidang peternakan. Di bidang ini program andalan tahun 2020 ini ialah inseminasi buatan, pengontrolan kesehatan ternak, dan perguliran sapi. Lalu pada bidang perikanan ada program mina padi dan asuransi nelayan.

"Sertifikat hak atas tanah nelayan dan kartu pelaku usaha perikanan. Untuk bidang sarpras ada program lahan pertanian pangan berkelanjutan, asuransi sawah dan ternak, optimasi lahan, dan kartu tani," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com