• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Puskesmas Toboali Catat 13 ODP Corona, 7 Diantarnya Mahasiswa

Senin, 23 Maret 2020 | 18:34 WIB
Kepala Puskesmas Toboali Jupiter. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sebanyak 13 orang di Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona oleh Puskesmas Toboali. Tujuh diantaranya mahasiswa, Senin (23/3).

Kepala Puskesmas Toboali dr Jupiter Mars Tarigan mengatakan untuk kontrol terhadap mereka telah berjalan 7-8 hari. Ada yang kondisinya sudah membaik dan ada yang memang masih dirawat di salah satu rumah sakit.

"Untuk pemeriksaan yang sudah dilakukan kerja sama dengan lintas sektor dari polsek dan polres kita lakukan setiap hari selama 14 hari. Dua kali di daerah gerbang masuk Basel dan satu kali di Simpang YPK," ujarnya.

Dari hasil kegiatan tersebut ada beberapa ODP yang didapati. Untuk itu mereka akan dipantau selama 14 hari, koordinasi via telepon dan ditanyakan. Adakah keluhan batuk pilek sesak nafas yang mengarah ke gejala Corona.

"Kalau memang dia menderita batuk pilek kita akan memberikan pengobatan simtomatisnya dan tetap harus tetap kita pantau. Bila terjadi sesak nafas kita akan rujuk ke rumah sakit. Kita punya datanya itu," terangnya.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Untuk itu diimbau apabila ada keluarga yang baru masuk ke Toboali dari luar Pulau Bangka, misal dari Jakarta untuk melapor.

"Secara langsung sudah kita sampaikan juga sebaran segera lapor ke Puskesmas kalau ada keluarga yang dari Jakarta masuk ke Toboali. Setelah dilaporkan, puskesmas akan buat format pemantauan," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com