• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Agar Tak Cacat Hukum, DPRD Basel Minta Pemkab Sampaikan Penganggaran Cegah Corona

Senin, 23 Maret 2020 | 20:13 WIB
Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi meminta pemerintah kabupaten untuk segera menyampaikan hasil rapat TAPD yang dikabarkan telah menganggarkan penanganan virus Corona sebesar Rp32,8 miliar.

"Sesegera mungkin untuk dapat menyampaikan ke DPRD. Kami siap dukung anggaran yang dibutuhkan, agar mendapat legalitas, sehingga kita tidak terjebak pada permasalahan hukum," ujarnya, Senin (23/3).

Karena hal ini sebagaimana yang telah diintruksikan Presiden Jokowi. Karena anggaran dalam penanganan COVID-19 tersebut sangat urgensi. Makanya segera dikoordinasikan bersama forkopimda. "Dikomunikasikan dan konsultasi bersama unsur forkopimda. Besar kecilnya anggaran itu relatif ya, itukan persiapan, yang terpenting penggunaanya harus tepat, tetap kita sama-sama untuk mengawasinya," jelasnya.

Sebelumnya Pemkab Basel telah siapkan dana Rp32,8 miliar untuk penanganan virus Corona. Sebagaimana hasil rapat yang digelar oleh TAPD pimpinan Pj Sekda Achmad Ansyori, Senin (23/3). Menurut Ansyori, dana sedemikian besar berhasil terealisasi dari rasionalisasi kegiatan di OPD. Pergeseran DAK bidang kesehatan dan dana yang sudah dipersiapkan untuk dana darurat di Bakuda.

"Banyak kegiatan yang akan digunakan dari dana itu. Penambahan ruang isolasi, beli alat desinfektan, masker dan APD perawat. Untuk tahap selanjutnya setelah rapat ini sudah bisa mengajukan anggaran," ujarnya.

Satu diantaranya, lebih lanjut dana dengan tafsiran Rp800 juta sudah bisa mengajukan pencairan ke bakuda. Terutama kegiatan yang sifatnya prioritas untuk segera disiapkan. Sembari buat edaran ke tiap OPD. "Setelah ini kita juga akan buat edaran ke seluruh OPD agar mereka dapat siapkan anggaran yang kita butuhkan tadi sehingga bisa terealisasi 32,8 miliar. Kami minta kerja samanya demi kebaikan bersama," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com