• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kesiapan Pemkab Basel Atasi Corona Dipertanyakan

Sabtu, 21 Maret 2020 | 19:36 WIB
Wawan, warga Bangka Selatan. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mempertanyakan kesiapan pemerintah daerah dalam menangani epidemi virus Corona (COVID-19) pada saat ini. Seperti diungkapkan Wawan Febrian warga Kota Toboali.

 

Menurut dia, jangan anggap sepele mewabahnya virus Corona saat ini. Ada tidak adanya masyarakat yang suspect, Pemkab Basel harus tetap siaga. "Ini saya baca di media Pemprov Babel dan Pemkab Bangka yang telah gelontorkan dana untuk penanganan Corona. Bangka Selatan seperti apa untuk epidemi Corona ini, leading sektor dinkes gimana," katanya, Sabtu (21/3).

Tak hanya masyarakat, pihak legislatif pun mempertanyakan kesiapan anggaran Pemkab Basel dalam pencegahan sekaligus penanganan kasus corona khususnya di Bangka Selatan. Menurut Ketua Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa DPRD Basel Musani, meski tak berharap ada COVID-19 di Basel namun Pemkab Basel harus siap menangani jika ada pasien yang suspect.

"Disini kita ingin tanyakan kesiapan anggaran Pemkab Basel, kalau di provinsi dana sekitar 25 M, Bangka 38 M. Lalu Basel berapa dana yang disiapkan untuk pencegahan sekaligus penanganan pasien," ujarnya.

Pada Jumat (20/3) kemarin, pihaknya cek kesiapan RSUD Basel jika ada pasien yang suspect. Untuk kamar isolasi sendiri satu atau dua hari selesai. Namun pemerintah daerah harus siap dan siaga tentunya. "RSUD Basel akan ditetapkan jadi rumah sakit rujukan jika ada pasien suspect Corona, sehingga harus siap baik tenaga dokter dan para medis serta sarana dan prasarananya," kata politisi PKS ini.

Kapolres Basel AKBP S Ferdinand Suwarji mengimbau dan menyarankan agar kegiatan-kegiatan yang sifatnya pertemuan melibatkan masyarakat cukup besar untuk tidak dilaksanakan dulu. "Kami juga menyarankan kepada Pemkab Basel, DPRD untuk segera mengalokasikan anggaran khusus pencegahan Corona. Dan imbauan kepada kita semua menjaga pola hidup bersih dan kesehatan dengan pola hidup sehat," katanya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com