• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Bangka Bangun Lima Ruang Isolasi untuk Pasien Corona

Kamis, 19 Maret 2020 | 19:53 WIB
Bupati Bangka Mulkan bersama Wakil Bupati Bangka Syahbudin. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Pemerintah Kabupaten Bangka membangun lima ruang isolasi di Rumah Sakit Eko Maulana Ali, Kecamatan Belinyu, guna menghadapi kemungkinan adanya pasien virus corona atau covid 19 di Kabupaten Bangka. Pembangunan ruang isolasi ini menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp38 miliar.   

Klik Juga : Petani Ubi Casesa Bangka Merugi Hingga Rp15 Juta

"DID sebesar Rp38 miliar bersumber dari pemerintah pusat yang sebelumnya direncanakan untuk berbagai kegiatan pembangunan daerah. Namun sesuai surat edaran dari Kemendagri dan Kemenkeu, dana tersebut diminta dialihkan untuk kegiatan pencegahan virus corona," beber Mulkan. Untuk itu, Mulkan meminta maaf jika ada kegiatan-kegiatan yang ditunda. Karena DID menurut dia, bergeser untuk penanganan virus corona.

Selain membangun ruang isolasi, pihaknya juga sambung Mulkan menyiapkan mobil ambulance dan jenazah khusus. Berikut pengadaan obat-obatan, oksigen dan alat kesehatan lainnya. "Saya minta seluruh lapisan masyarakat agar tidak panik dengan penyebaran virus corona, pemerintah pusat dan daerah sedang bekerja maksimal melakukan pencegahan. Masyarakat harus tetap memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat," pintanya.

Ditanya soal kesiapan tenaga medis dari penanganan pasien virus corona, Mulkan mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan semua tenaga medis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bangka. "Semua dokter dan tenaga medis bersinergi untuk ini," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka dr. Then menambahkan, jika ada pasien yang mendapati gejala terpapar corona, maka screning tetap dilakukan di RSUD Depati Bahrin Pangkalpinang. Setelah itu, barulah dirujuk ke RS Eko Maulana Ali Belinyu. "Yang merawat nanti dokter dari RS Depati Bahrin. Tapi semua dokter bersinergi akan hal ini," ucapnya.

 

 

 

 

 

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com