• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Demo UBB, Mahasiswa Adu Jotos dengan Pihak Keamanan

Kamis, 19 Maret 2020 | 16:56 WIB
Aksi demo mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Foto : Ist
Loading...

Klikbabel.com, Merawang - Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) terlibat adu jotos dengan pihak keamanan saat menggelar demo atau aksi di depan gedung rektorat, Kamis (19/03/20).

Dalam aksinya, mahasiswa menuntut pencabutan terhadap Peraturan Rektor Nomor 2 Tahun 2019 tentang kemahasiswaan. Dimana peraturan tersebut telah melanggar keputusan Kemendikbud 135 tahun 1998 tentang pedoman umum organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Mahasiswa sendiri, sejak pukul 09.00 wib sudah berkumpul di depan gedung Rektorat UBB. Aksi diisi dengan orasi dari petinggi di pemerintahan mahasiswa UBB. Dalam aksi ini hadir Wakil Rektor 1 bidang Kemahasiswaan dan beberapa perangkat dosen yang lain.

Massa aksi mulai memanas dengan membakar ban sebagai bentuk protes karena aksi yang dilakukan oleh mahasiswa dinyatakan melanggar edaran yang telah disampaikan oleh rektor terkait imbauan untuk tidak melakukan aktivitas di lingkungan kampus.

"Adik-adik sekalian, aksi hari ini telah melanggar ketetapan sterilisasi yang merupakan putusan dari Kemendikbud  presiden," ujar Nizwan selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UBB saat menyampaikan tanggapan di depan massa aksi.

Aksi mulai memanas saat pihak keamanan kampus berencana memadamkan api yang dibakar massa secara paksa tetapi dihadang oleh mahasiswa. Adu jotos antara pihak keamanan kampus dan mahasiswa akhirnya tak terelakkan.

"Kami dari mahasiswa berusaha menjalankan aksi secara teratur dan sesuai dengan rencana. Semua bentuk demontrasi ini sudah kami rencanakan dengan matang termasuk membakar ban. Tetapi ada oknum dari pihak keamanan kampus yang memaksa secara kasar hingga berakhir dengan saling pukul," ujar Koordinator Aksi Mahasiswa UBB Andre.

Aksi berakhir tidak kondusif hingga masa aksi membubarkan diri dikarenakan  banyak mahasiswa yang mengalami luka-luka akibat pukulan.

Hingga berita diturunkan, upaya konfirmasi ke Universitas Bangka Belitung terus dilakukan.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com