• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinkes Basel Tes Kesehatan 114 Calhaj asal Toboali

Jumat, 14 Februari 2020 | 19:08 WIB
Pemeriksaan kesehatan calhaj toboali. Foto : devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Guna mengetahui tingkat kebugaran jasmani, sedikitnya 114 Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tahun 2020 mengikuti tes kesehatan pada Kamis (12/2) kemarin.

Kegiatan yang digelar di kawasan sport center Stadion Junjung Besaoh, Parit 3 Kecamatan Toboali bertujuan agar para jaemaah haji asal Negeri Junjung Besaoh siap secara fisik dan mental.

"Sebelum berangkat, para calon jemaah harus mempersiapkan diri melalui aktifitas fisik sehingga dapat menunjang kelancaran pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun ini," ungkap Kepala DKPPKB, Supriyadi, Jumat (13/2).

Sementara untuk calon jamaah yang ada di luar Kecamatan Toboali, dilakukan tes oleh tim medis melalui puskesmas. Kata dia, dalam kegiatan tes kesehatan itu ada giat senam ringan dan lari yang mengelilingi sport center.

"Sampai sekarang belum ada kendala dan para calon jamaah sehat sehat saja. Selain tes kebugaran, calon jemaah haji ini juga kita berikan vaksin meningitis menuju Istithaah kesehatan sebagai syarat utama pemberangkatan calon jamaah haji," katanya.

Sebab, syarat tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji. Istithoah, sesuai PMK 15/2016 tentang kesehatan haji.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com