• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sempat Rp28 Ribu, Kini Harga Bawang Putih Tembus Rp55 Ribu Karena Virus Corona

Kamis, 13 Februari 2020 | 11:17 WIB
Foto : Getty Image
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pasca viralnya isu penyakit virus corona baru-baru ini, harga bawang putih di Basel mengalami kenaikan hingga mencapai Rp55 ribu per kilogram. Harga demikian untuk di tingkat pedagang eceran di Pasar Pagi Terminal Toboali.

Sedangkan di tingkat pedagang grosir, harga bawang putih hanya berkisar sekitar Rp47 ribu per kilogram. Seperti disampaikan Kepala DPPP Basel Suhadi melalui Kabid Ketahanan Pangan Fitri Layla, Kamis (13/2).

"Seluruh harga sembako pada saat ini kondisinya masih aman dengan harga yang stabil. Namun bawang putih harganya agak tinggi dan penyebab tingginya harga bawang itu adalah semejak ada isu terkait virus corona," ujarnya.

Padahal pada pekan pertama bulan Januari kemarin harga bawang putih masih stabil. Berkisar di angka Rp28-35 ribu. Akan tetapi, pada saat isu penyakit virus corona viral, harga bawang putih melonjak tinggi.

"Apalagi karena yang masuk ke Babel dari China, dikabarkan pasokan bawang putih sekarang sudah di stop. Kami masih terus pantau. Kalau sekarang stok bawang putih di Basel untuk beberapa bulan kedepan masih aman alias masih ada," katanya.

Bisa saja mendapatkan harga Rp38 ribu per kilogram, namun harus membeli dengan skala besar di tingkat distributor. Kalau di Basel, itu ada di Gudan Akim. Yang jelas ia tidak tahu kenapa pasokan bawang putih bisa di stop.

"Kalau masalah di stopnya bawang putih di luar kita dapat info dari teman-teman di kabupaten lain. Yang jelasnya belum pasti karena belum adanya konfirmasi lebih lanjut terkait ini. Tapi kita tetap antisipasi agar kebutuhan tetap tersedia," ujarnya.

Antisipasi yang dilakukan mereka agar tak terjadi kekurangan pasokan bawang putih ialah langsung melaporkan di dinas pangan. Karena disana ada Tim Satgas Pangan. Kesekretariatan salah satunya Dinas Pangan Babel.

"Timnya adalah Polda Babel, BPOM, Bulok, Perindag dan OPD terkait. Kuncinya barang-barang yang kita dapatkan untuk di Basel tetep mereka yang mengawasi stok kurang apa tidaknya. Jadi itu daftar harga terkait bawang putih tadi," ujarnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com