• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


5 Bulan Beroperasi, Pemkab Bangka Tak Tahu Soal Tambang Besar di Tanjung Ratu

Kamis, 13 Februari 2020 | 21:13 WIB
Bupati Bangka Mulkan menjawab pertanyaan wartawan usai sidak penambangan di Tanjung Ratu. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Rebo - Bupati Bangka Mulkan,SH,MH bersama Sekda Andi Hudirman dan lainnya melakukan inspeksi mendadak ke Dusun Tanjung Ratu, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat Bangka, Kamis (13/2/2020) sore.

Sidak yang dilakukan usai peninjauan PT BAA Kenanga ini menurut Bupati Mulkan berdasar laporan masyarakat. "Ada laporan ke kita dari masyarakat. Bahwa di sepadan Pantai Tanjung Ratu ada tambang besar oleh CV Tembus Jaya yang merupakan mitra PT Timah," kata Mulkan kepada sejumlah wartawan.

Menurut Mulkan, tambang ini memiliki izin dari PT Timah. Namun Pemda sendiri kata dia, tidak mengetahui akan hal itu. Pihaknya baru mengetahui beberapa hari lalu atas laporan dari masyarakat. "Pak sekda sudah tanya ke desa, camat tidak tahu. Jadi kedatangan ini untuk melihat seperti apa kategori pertambanganya, apakah tambang jenis darat ataukah tambang jenis laut. Kita tidak melarang aktifitas pertambangan tetapi pertambangan itu haruslah mengikuti kaedah-kaedah yang berlaku dalam penambangan," ujarnya.

Selain itu, pertambangan berskala besar ini sudah berjalan sekitar 4 sampai 5 bulan yang lalu. Sedangkan dirinya selaku Pemerintah Daerah Bangka tidak mengetahui adanya tambang berskala besar tersebut.

"Kedatangan kami ini hanya untuk memastikannya saja. Jangan sampai ada masyarakat pro dan kontra, sedangkan Pemerintah Daerah sendiri tidak tahu atas aktifitas tambang itu. Apalagi kalau ketidaktahuan itu dapat berdampak fatal bagi kami dan kami tidak mau hal tersebut terjadi," ungkapnya.

Menurutnya, jika adanya pertambangan dibibir pantai ditakutkan masyarakat yang lainnya dapat ikut-ikutan untuk memberlakukan hal yang serupa. Karena kalau sudah diawali dan dimulai ini, nanti tiba-tiba ada masyarakat yang lain mau juga, hal itu ditakutkan tidak bisa di akomodirkan.

"Wilayah Bangka memiliki zona-zona yang telah ditentukan, mana wilayah yang boleh ditambang dan mana yang tidak diperbolehkan. Kita akan memanggil pihak PT Timah dan mengkonfirmasikan PT Timah maupun Pemerintah Provinsi tentang sejauh mana pengeluaran izin tambang didekat bibir Pantai Tanjung Ratu tersebut," pungkas Bupati Mulkan.

PT Timah sendiri melalui Kabag Humas Anggi Siahaan belum merespon konfirmasi. Baik melalui telpon maupun whatsapp.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com